ADVERTISEMENT

Mantan Wamen Era SBY Dilantik Presiden Jokowi Sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara di Istana Negara

Kamis, 10 Maret 2022 08:31 WIB

Share
Presiden Joko Widodo. (foto: biro pers)
Presiden Joko Widodo. (foto: biro pers)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hari ini, Presiden Joko Widodo akan melantik  Bambang Susantono yang merupakan mantan Wamen Perhubungan era Presiden SBY sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN), dan juga Donny Rahajoe, sebagai wakilnya.

Pelantikan akan berlangsung pada Kamis sore (10/3/2022), pukul 15:00, di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan kepala otorita IKN ini dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan untuk sisa masa jabatan tahun 2022-2023.

Bambang Susantono adalah mantan Wakil Menteri (Wamen) Perhubungan pada era Presiden SBY yakni Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014. 

Ia pernah pula menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010.

 

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menegaskan IKN Nusantara akan menjadi daerah khusus setingkat provinsi dengan dipimpin kepala otorita setara menteri.

"Kekhususan tersebut yakni sistem pemerintahan IKN yang dibentuk setingkat provinsi, dengan dipimpin oleh kepala otorita setara menteri yang ditunjuk presiden," terang Mendagri.

Itu disampaikan Tito dalam rapat koordinasi (Rakor) bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, bupati/wali kota se-Kaltim, beserta sejumlah jajaran DPRD setempat. Rakor


berlangsung di Kantor Wali Kota Balikpapan, Kamis (17/2/2022).

Namun, lanjut Tito, status Kepala Otorita IKini berbeda dengan yang disandang Kota Batam, yang hanya berkaitan dengan pembangunan infrastruktur. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT