Ya Allah! Manado Diterjang Banjir dan Tanah Longsor, 2 Orang Tewas

Minggu, 6 Maret 2022 13:51 WIB

Share
Kondisi banjir di Kota Manado, 2 orang dikabarkan tewas. (Foto: BNPB)
Kondisi banjir di Kota Manado, 2 orang dikabarkan tewas. (Foto: BNPB)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Banjir dan tanah longsor Kota Manado, Sulawesi Utara, mengakibatkan dua orang tewas dan 155 rumah terendam banjir.

Sekarang ini ketinggian air antara 50 -75 sentimeter (cm). Hasil kaji cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, peristiwa itu terjadi akibat meluapnya DAS Tondano, Sungai Sario, Sungai Malendeng dan Sungai Bailang, setelah sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kota Manado sejak Kamis (3/3/2022) pukul 18.00 WIB.

Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangannya, Minggu (6/3/2022) mengungkapkan, BPBD Kota Manado mencatat, sedikitnya ada 13 kelurahan di 5 kecamatan yang terdampak peristiwa itu. 

Adapun rinciannya adalah Kelurahan Denlu, Kelurahan Malendeng, Kelurahan Paal Dua dan Kelurahan Ranomuut di Kecamatan Paal Dua. Kemudian Kelurahan Ranotana Weru, Kelurahan Karombasan Utara dan Kelurahan Wanea di Kecamatan Wanea.

Adapun berikutnya Kelurahan Singkil Dua, Kelurahan Kombos Timur dan Kelurahan Tenate Tanjung di Kecamatan Singkil. Selanjutnya adalah Kelurahan Sumompo di Kecamatan Tuminting dan Kelurahan Taas serta Kelurahan Tikala Baru di Kecamatan Tikala.

Kerugian materiel ditimbulkan yang atas peristiwa itu meliputi 155 rumah milik 174 jiwa dari 76 KK terendam banjir dengan tinggi muka air 30-75 cm.

Kemudian 12 rumah rusak ringan, 2 rumah rusak berat, 2 titik jalan rusak, 1 tanggul jebol dan 104 jiwa dari 51 KK terdampak longsor.

Sebagai upaya percepatan penanganan banjir dan longsor itu, BPBD Kota Manado telah memberikan bantuan logistik berupa family kit, tikar, sabun, hand sanitizer, selimut, perlengkapan bayi dan dapur.

BPBD Kota Manado juga terus berkoordinasi dengan lintas terkait untuk asesmen lanjutan hingga pembersihan material lumpur dan sampah yang terbawa banjir.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar