Soal Kendaraan Listrik, Ternyata Menurut Survei Indonesia Baru Siap 5 Tahun Lagi

Kamis, 3 Maret 2022 13:39 WIB

Share
Survei Populix: Lebih dari Setengah Responden Mempertimbangkan untuk Membeli Kendaraan Listrik dalam 5 Tahun ke Depan. (Foto: dok poskota/muhamad ichsan)
Survei Populix: Lebih dari Setengah Responden Mempertimbangkan untuk Membeli Kendaraan Listrik dalam 5 Tahun ke Depan. (Foto: dok poskota/muhamad ichsan)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Saat ini pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mempercepat program kendaraan listrik guna mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM) dan meningkatkan ketahanan energi nasional.

Hal ini tentunya sebagai bagian dari komitmen Net Zero Emission di tahun 2060, dan konversi kendaraan berbahan bakar konvensional ke kendaraan listrik.

Baru-baru ini, Populix, layanan survei konsumen berbasis digital, membagikan hasil survei “Indonesian Modern Consumption” yang membahas seputar perilaku konsumen Indonesia di era modern, termasuk dalam hal penggunaan kendaraan listrik.

Survei menunjukkan bahwa saat ini, hanya 13% responden yang memiliki motor listrik dengan mayoritas brand yang dibeli adalah United Motor (34%), Viar (30%), dan GESITS (20%).

Sementara untuk kategori mobil listrik, hanya 2% responden yang memiliki mobil listrik dengan mayoritas brand yang dimiliki adalah Tesla (21%), Hyundai (18%), dan BMW (17%).

“Meskipun saat ini hanya ada sebagian kecil masyarakat Indonesia yang memiliki kendaraan listrik, survei kami menunjukkan bahwa tren ini akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan,” ujar Timothy Astandu, Chief Executive Officer, Populix dalam keterangan resmi yang diterima Poskota, Kamis (3/3/2022).

“Lebih dari setengah responden tengah mempertimbangkan untuk membeli kendaraan listrik, bahkan sepertiga responden sudah berencana untuk membeli kendaraan listrik dalam lima tahun ke depan,” tambahnya.

Seperti diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) telah menargetkan jumlah mobil listrik sekitar 2 juta unit dan motor listrik sekitar 13 juta unit pada 2030.

Adapun hasil survei Populix mengungkap bahwa terdapat 29% responden yang sudah berencana untuk membeli motor listrik dan 31% responden yang sudah berencana membeli mobil listrik dalam lima tahun ke depan.

Saat ini United Motor, Viar, dan GESITS merupakan merek motor listrik yang tetap menarik perhatian calon konsumen, sementara Tesla, Hyundai dan Toyota menjadi mobil listrik pilihan utama para calon konsumen.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar