ADVERTISEMENT

Keraguan Abu Janda Soal Sejarah Alquran & Masjid Al Aqsa Dibantah Telak oleh Tokoh NU

Kamis, 3 Maret 2022 18:50 WIB

Share
Abu Janda di lokasi Masjid Al-Aqsa. (Foto: IG @permadiaktivis2).
Abu Janda di lokasi Masjid Al-Aqsa. (Foto: IG @permadiaktivis2).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pegiat media sosial Abu Janda membuat narasi yang meragukan kebenaran Alquran, terutama Surah Al-Israh tentang Masjid Al Aqsa sebagai tempat singgah Nabi Muhammad kala melakukan perjalanan Isra Mikraj. 

Lewat akun Instagramnya, Abu Janda mengatakan keraguan itu muncul setelah Masjid Al Aqsa sebenarnya baru dibangun setelah Rasulullah meninggal pada 632 Masehi.

“Dalam Alquran surat Al Isra ayat 1 disebutkan bahwa pada Isra Mi’raj, Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Masjidil Haram (Ma'kah) ke Masjid Aqsa. Padahal masjid Aqsa baru ada dibangun setelah Nabi Muhammad wafat. Hmm.. wallahu alam bisawab," kata dia.

Tidak hanya itu, Abu Janda juga meragukan keaslian Alquran. Sontak saja status tersebut mendapat reaksi netizen. Dia dinilai mencaci maki ajaran Islam.

"Alquran dibukukan setelah Nabi wafat. Bukan tidak mungkin ada update pada ayat-ayat yang dilakukan oleh khalifah-khalifah pasca-Nabi," ujar Abu Janda.

Menanggapi hal itu, Tokoh Nahdlatul Ulama Jawa Timur (NU Jatim), Abdul Wahab Ahmad, membantah isi pernyataan ngawur yang dikemukakan Abu Janda. Abu Janda dinilai sudah meragukan keberadaan Masjid Al Aqsa dan menuding Alquran sudah direvisi.

"Sebelum bicara dengan nada meragukan informasi Alquran, harusnya Permadi alias Abu Janda ini belajar sejarah yang beneran, jangan cuma baca secuil lalu komen sok yes," kata Abdul Wahab lewat akun Facebook-nya, Kamis (3/3/2022).  

Abdul Wahab menjelaskan Masjid Al Aqsa adalah kompleks tua yang dibangun jauh sebelum Masehi. "Dalam sebuah hadis sahih dijelaskan:

"Dari Abu Dzarr dia berkata: Aku bertanya pada Rasulullah: "Masjid apakah yang pertama dibangun di muka bumi?" Rasulullah menjawab: "Masjidil Haram". Aku bertanya, "Lalu apa?". Rasul bersabda: "Masjidil Aqsha". Aku bertanya lagi: "Barapa lama jarak antara kedua pembangunan itu?". Rasulullah menjawab: "40 tahun". (HR. Muslim)," ucap Abdul Wahab.

Jika merujuk hadis tersebut, kata dia, Masjid Al Aqsha dibangun 40 tahun pascadibangunnya Ka'bah di Makkah. Abdul Wahab mengutip peberapa sejarawan, yang bahkan menulis bahwa pertama kali Masjid Al Aqsa dibangun oleh Nabi Adam AS. "Jadi di masa Nabi Muhammad masjid ini sudah sangat terkenal baik oleh orang Arab ataupun non-Arab, Muslim atau non-Muslim, namun saat itu terkenal dengan nama Baitul Maqdis. Ia menjadi Kiblat shalat pertama umat Islam sebelum akhirnya kiblat diubah menjadi ke arah Ka'bah," terang Abdul Wahab.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
1 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT