ADVERTISEMENT

Dari Kuning Telur Hingga Jamur, Ini 5 Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin D, Semuanya Mudah Dijumpai

Sabtu, 19 Februari 2022 16:12 WIB

Share
Kuning telur kaya akan vitamin D. (Foto/Pixabay)
Kuning telur kaya akan vitamin D. (Foto/Pixabay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Vitamin D memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya berperan penting bagi kesehatan tulang dan gigi.

Pasalnya, vitamin D baik untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Vitamin ini juga mampu mencegah kerapuhan atau osteoporosis pada orang lanjut usia.

Meski Vitamin D merupakan satu-satunya nutrisi yang diproduksi tubuh saat terkena sinar matahari, namun sayangnya 50 persen populasi dunia diperkirakan tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Bahkan, 40 persen penduduk AS dilaporkan kekurangan vitamin D.

Diketahui, nilai harian yang direkomendasikan (DV) adalah 800 IU (20 mcg) vitamin D per hari dari makanan.

Adapun, penyebab seseorang kekurangan asupan vitamin D sebagian karena orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, memakai tabir surya di luar, dan makan makanan yang rendah sumber vitamin ini.

Untuk menyiasati asupan vitamin D yang kurang, Anda dapat memenuhinya dengan sejumlah makanan sehat yang tinggi akan vitamin ini.

Dilansir dari laman Healthline, berikut lima jenis makanan sehat yang tinggi akan vitamin D yang dapat Anda jumpai dengan mudah.

1. Kuning telur

Orang yang tidak makan ikan harus tahu bahwa makanan laut bukan satu-satunya sumber vitamin D. Telur utuh adalah sumber lain yang baik, serta makanan bergizi yang luar biasa.

Sementara sebagian besar protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya, lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar ditemukan di kuning telur. Satu kuning telur khas mengandung 37 IU vitamin D, atau 5 persen dari DV.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT