NATO Sebut Tak Ada Bukti Penarikan Pasukan Rusia dari Perbatasan Ukraina

Kamis, 17 Februari 2022 17:56 WIB

Share
Latihan militer pasukan Rusia
Latihan militer pasukan Rusia

POSKOTA.CO.ID - Tidak ada bukti penarikan pasukan Rusia dari perbatasan Ukraina di tengah berlanjutnya kekhawatiran bahwa pasukan Rusia siap untuk menyerang Ukraina.

Pernyataan ini datang dari pejabat AS dan NATO pada Rabu (16/2/2022) seperti dikutip dari VOA.

Rusia pada Selasa dan Rabu kembali mengumumkan mengakhiri beberapa latihan militer dengan video yang menyebutkan unit militer kembali ke pangkalannya. Termasuk di Semenanjung Krimea yang diduduki Rusia.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken kepada acara televisi ABC Good Morning America mengatakan “Sayangnya ada perbedaan antara apa yang dikatakan dan dilakukan Rusia dan apa yang kita lihat bukanlah penarikan yang berarti.”

"Sebaliknya, kita terus menyaksikan kekuatan, terutama kekuatan di garda depan dari setiap agresi baru terhadap Ukraina, tetap di perbatasan, berkumpul di perbatasan," tambahnya.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg kepada wartawan di Brussels menjelang pertemuan para menteri pertahanan NATO mengatakan gerakan pasukan Rusia tidak mengkonfirmasi penarikan itu.

Dia menambahkan bahwa pada kesempatan sebelumnya dimana Rusia menarik pasukan dari lokasi tertentu. Mereka meninggalkan peralatan di tempat sehingga bisa dengan mudah memindahkan pasukan kembali.

NATO telah menyaksikan Rusia melanjutkan pengerahan militernya.

Namun Jens Stoltenberg berharap Rusia akan memutuskan untuk terlibat dalam dialog dan memilih diplomasi daripada konfrontasi.

Presiden Rusia Vladimir Putin disebutkan Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov bahwa mendukung perundingan dan memandang positif kesediaan Presiden AS Joe Biden untuk terlibat dalam dialog. ***

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar