Viral di Medsos, Pembuang Sampah di Laut Tanjung Pasir Minta Maaf

Rabu, 16 Februari 2022 12:52 WIB

Share
Pelaku pembuang sampah ke laut saat membuat surat pernyataan. (ist)
Pelaku pembuang sampah ke laut saat membuat surat pernyataan. (ist)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Seorang warga Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, tertangkap gambar sedang membuang sampah ke Laut Tanjung pasir. 

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Samsul Romli, angkat bicara atas peristiwa tersebut. Ia mengatakan aksi tersebut telah ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait. 

"Dari pihak desa maupun kecamatan sudah melakukan mediasi dengan orang yang bersangkutan. Melalui surat pernyataan, yang bersangkutan pun juga sudah meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi," katanya, Rabu (16/2).

Samsul juga mengatakan bahwa sebelum mediasi, aksi tersebut juga sudah dikonfirmasi terlebih dahulu kebenarannya. Yang bersangkutan pun mengakui perbuatannya tersebut. 

Sementara itu, Samsul mengungkapkan bahwa masalah persampahan ini memerlukan kolaborasi antar perangkat daerah serta pihak-pihak terkait lainnya agar berjalan dengan lancar. 

"Nantinya kita akan kolaborasi lagi dengan pihak desa dan juga kecamatan karena masalah persampahan ini perlu kolaborasi bersama, bahkan dengan semua perangkat daerah dan juga pihak-pihak terkait. Tidak bisa ditangani sendiri," ujarnya. 

Menurutnya, masyarakat juga menjadi faktor penting dalam terciptanya lingkungan sehat dan bersih. Ia menuturkan bahwa pihaknya akan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya kebersihan. 

"Ke depannya kami akan lebih sering mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi di laut, karena kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan menjadi faktor terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih," tuturnya. 

Sehubungan dengan itu, pihak desa pun nantinya juga akan menyiapkan gerobak motor untuk memudahkan pengangkutan sampah di Desa Tanjung Pasir. (Veronica Prasetio)

Editor: Tri Haryanti
Contributor: Veronica Prasetio
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar