Cegah Kecurangan, Disperindag Lakukan Tera Ulang Sejumlah SPBU di Kabupaten Lebak

Rabu, 16 Februari 2022 17:56 WIB

Share
Disperindag Lebak melakukan tera ulang di Pasar dan Spbu kecamatan Banjarsari (foto: poskota/ yusuf)
Disperindag Lebak melakukan tera ulang di Pasar dan Spbu kecamatan Banjarsari (foto: poskota/ yusuf)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lebak saat tengah menggencarkan tera ulang atau pengujian kembali secara berkala terhadap alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya alias (UTTP) disejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Lebak.

Seperti kali ini, tim metrologi melakukan tera ulang terhadap SPBU 34.423.12 Kerta Jaya , Kecamatan Banjarsari, Kabipaten Lebak, Rabu (16/2/2022).

"Dari awal tahun 2022 sudah 7 SPBU, 7 indomobil, dan 1 Pertashop yang sudah kita tera ulang. Dan besok kita akan menyasar SPBU yang ada di Kecamatan Malimping," kata A Braga Agustav, jabatan fungsional Penera Bidang Metrologi pada Disperindag Lebak, Rabu (16/2/2022).

Ia menjelaskan, tera ulang itu sengaja dilakukan pihaknya untuk memastikan alat ukur sesuai dengan standar ukur sehingga bisa mencegah adanya oknum curang yang mengakali alat ukur atau takar guna mendapatkan keuntungan.

"Kita tidak ingin adanya konsumen yang dirugikan karena adanya oknum oknum curang yang sengaja memainkan seperti menambah beban pada alat ukur dan lain-lainnya," jelasnya.

 

Selain SPBU, pihaknya juga akan terus melakukan  pengawasan terhadap alat ukur atau takar di pasar, dan tempat-tempat yang menggunakan alat ukur yang digunakan untuk transaksi.

"Jika konsumen ada yang merasa dirugikan dengan adanya dugaan kecurangan penjual yang sengaja memainlan alat ukur, maka bisa melaporkannya kepada kami. Nanti kami langsung kroscheck," pungkasnya (Yusuf Permana)

Editor: Deny Zainuddin
Contributor: Yusuf Permana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar