Lepas Ekspor 2 Juta Mobil, Presiden Jokowi Sebut SDM Indonesia Sangat Berkualitas

Selasa, 15 Februari 2022 13:56 WIB

Share
Ekspor Dua Juta Mobil, Presiden: Bukti SDM Indonesia Berkualitas. (Foto: Setpres)
Ekspor Dua Juta Mobil, Presiden: Bukti SDM Indonesia Berkualitas. (Foto: Setpres)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Dengan memiliki sumber daya manusia (SDM) dengan kualifikasi yang baik atau berkualitas, Indonesia berhasil mengekspor sebanyak dua juta unit mobil ke negara-negara lain.

Menurut Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memproduksi kendaraan yang diperuntukkan bagi kegiatan ekspor merupakan hal yang cukup sulit. Karena, harus memenuhi standarisasi yang cukup ketat yang harus dipenuhi oleh perusahaan terkait.

"SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor," ujar Presiden Joko Widodo dalam kegiatan melepas ekspor dua Juta Unit Toyota, Selasa (15/2/2022).

"Memproduksi mobil harus sangat teliti, cermat, dan hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang," tambahnya.

“Dari mulai segi keselamatan kendaraan, uji emisi, hingga mesin sangat diperhatikan dengan ketat. Semuanya itu, mendapatkan perhatian yang sangat ketat dari instansi maupun perusahaan dari negara tujuan ekspor,” jelasnya.

Kemudian, hal yang membuktikan kualifikasi SDM semakin baik juga, dapat diukur dari lonjakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Yang kini telah mencapai lebih dari 75 persen yang terkandung dalam produk kendaraan tersebut.

Dari mulai sparepart, aksesoris, hingga komponen mesin dalam kendaraan itu telah mampu diciptakan oleh SDM dalam negeri.

"Senang juga bahwa kandungan lokalnya TKDN sudah lebih dari 75 persen dari  lokal," ungkap Presiden.

Sejumlah indikator itu, semakin memperkuat bahwa kualifikasi SDM dalam negeri semakin baik dari waktu ke waktu.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar