Sulap Kulit Telur dan Rumput Laut Jadi Makanan AntarkanPelajar SMAN 28 Jakarta Raih Medali Emas di Ajang AISEEF 2022

Minggu, 13 Februari 2022 15:58 WIB

Share
Sulap Kulit Telur dan Rumput Laut Jadi Makanan AntarkanPelajar SMAN 28 Jakarta Raih Medali Emas di Ajang AISEEF 2022
Pelajar SMA Negeri 28 Jakarta, Andika Ramzy Walid. (foto: adji)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Cangkang atau kulit telur bagi sebagian orang dipandang sebelah mata.  Bahkan lebih dianggap sampah yang tidak memiliki nilai jual dan dibuang begitu saja.

Namun, tidak bagi pelajar SMA Negeri 28 Jakarta, Andika Ramzy Walid. Ia secara bruilianmemanfaatkan sebagai bahan makanan.

Andika Ramzy Walid menyulap kulit telur menjadi kudapan bergizi dan bisa merangsang pertumbuhan tulang.

Ide dan hasil karya brilian Andika pun mengantarkannya meraih medali emas atau Gold Medal Inovatif Science pada ajang Asean Innovative Science, Environmental & Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022. 

AISEEF merupakan kontes kreativitas di bidang sains, lingkungan dan inovasi kewirausahan negara-negara Asia Tenggara. Para pelajar dari berbagai tingkatan SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi mempertahankan karya ilmiah masing-masing. 

Andika berhasil menyingkirkan 427 peserta dari 20 negara, penjurian digelar di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah dan bekerjasama dengan Indonesian Young Sciencetis Association (IYSA).

"Saya membuat CaCOOO Snackbar yang dikombinasikan dengan rumput laut. Snack ini baik untuk ibu hamil dan balita agar merangsang pertumbuhan tulang serta mencegah stunting," ujar Andika, Selasa (8/2/2022).

Bocah 15 tahun itu menerangkan angka prevalensi stunting pada 2019 silam mencapai 27,7%. Kondisi stunting yang kekurangan nutrisi itu membuatnya berfikir untuk mencari solusi untuk menekan angka tersebut.

"Indonesian kaya akan sumber daya, salah satunya cangkang atau kulit telur dan rumput laut. Kulit telur mengandung 95% kalsium carbonate (CaCO3), yang berfungsi untuk menguatkan tulang manusia dan lebih mudah diserap oleh tubuh serta bisa dimanfaatkan untuk pencegahan stunting,"jelasnya.

Dirinya membandingkan kandungan gizi pada tempe, kacang-kacangan, susu sapi, kerang. Alhasil dari kulit telur mempunyai beberapa keunggulan, seperti lebih mudah ditemukan, harga terjangkau, bernutrsi, dan bisa di hasil sampingan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar