Baru 22 Persen, Kadinkes Ungkap Kenapa Capaian Vaksinasi Anak di Lebak Masih Rendah

Minggu, 13 Februari 2022 21:02 WIB

Share
Vaksinasi anak di Lebak. (Foto: yusuf)
Vaksinasi anak di Lebak. (Foto: yusuf)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak saat ini terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk setiap komponen masyarakat, termasuk anak-anak di usia 6-11 tahun.

Pelaksanaan vaksinasinya pun dilakukan secara door to door dengan mendatangi setiap Sekolah dasar (SD) di Kabupaten Lebak.

Namun, ternyata hingga 11 Februari 2022 ini capaian vaksinasi anak di Lebak baru mencapai 22 persen. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lebak Triatno Supiono membenarkan bahwa capaian vaksin anak di Lebak masih rendah dibandingkan target yang ditetapkan yakni sekitar 148 ribu lebih anak tervaksin..

 

"Cakupan kita baru 22 persen untuk vaksinasi anak, memang terus kita galakkan untuk vaksinasi ini," katanya saat ditemui usai meninjau vaksin Gerai Vaksinasi Polsek Rangkasbitung, Jumat (11/2/2022).

 

 

Kepala Dinkes Lebak, Triatno Supiono. (foto: yusuf permana)

Ia mengungkapkan, capaian itu masih rendah karena disebabkan oleh kendala izin dari orang tua anak sendiri. Karena hal itu, pihaknya harus kerja keras untuk meyakinkan orang tua anak.

"Untuk anak ini kan perlu pendampingan orang tua. Itu kendala kita yang agak repot, tidak seperti orang dewasa," ujar Triatno.

Dikatakanya, vaksiansi anak harus didampingi oleh orang tua, karena sebelum divaksin anak harus terlebih dahulu menjalani screening mengenai kondisi kesehatan si anak itu.

 

"Kan kalo anak tidak tahu riwayatnya dan anak itu juga tidak bisa menjelaskan sendiri, riwayat penyakitnya. Yang tahu kan orang tuanya," pungkasnya. (Yusuf Permana)

Caption :  vaksinasi anak di Lebak (yusuf)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar