ADVERTISEMENT

Tips Mobil! Ban Mobil Gak Cepat Habis dan Kondisi Suspensi Tetap Terjaga, Pastikan 4 Bagian Ini Sesuai Standar 

Jumat, 11 Februari 2022 12:36 WIB

Share
Salah satu masalah di kaki-kaki kendaraan sebaiknya dihindari adalah roda yang tidak selaras agar ban mobil gak cepat habis dan kondisi suspensi tetap terjaga.(Foto/suzuki)
Salah satu masalah di kaki-kaki kendaraan sebaiknya dihindari adalah roda yang tidak selaras agar ban mobil gak cepat habis dan kondisi suspensi tetap terjaga.(Foto/suzuki)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Kaki-kaki atau roda kendaraan salah satu faktor kenyamanan berkendara.

Oleh karena itu, salah satu masalah di kaki-kaki kendaraan sebaiknya dihindari adalah roda yang tidak selaras agar ban mobil gak cepat habis dan kondisi suspensi tetap terjaga.

Menurut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ada baiknya untuk dapat melakukan pemeriksaan serta pengaturan wheel alignment secara berkala, untuk memastikan kondisi roda sudah selaras dan seimbang antara Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination.

“Pentingnya melakukan pemeriksaan wheel alignment atau spooring adalah untuk menghindari kondisi mobil yang tidak seimbang atau tidak berjalan lurus dan sangat penting dilakukan setidaknya enam bulan sekali,” ujar Hariadi, selaku Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Hariadi menambahkan, wheel alignment berfungsi memastikan stabilitas suspensi kendaraan agar bekerja dengan baik dan membuat usia roda lebih awet.

Saat melakukan pemeriksaan wheel alignment, yang perlu diperhatikan adalah Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination untuk memastikan bahwa sudut ban dapat terpasang dengan baik, karena hal tersebut dapat mempengaruhi cara ban bersentuhan dengan jalan.

Berikut pengertian mengenai Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination:

1. Camber

Camber adalah tingkat kemiringan roda pada bagian atas apabila dilihat dari sudut vertikal. Pemeriksaan ini untuk memastikan sudut ban tidak miring ke dalam atau ke luar.

Apabila camber tidak sejajar/selaras, mungkin dipengaruhi kerusakan pada bantalan yang aus, suspensi roda, atau sambungan joint.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT