ADVERTISEMENT

3.713 Balita di Tegalangus jadi Sasaran Pemberian Vitamin A

Kamis, 10 Februari 2022 16:45 WIB

Share
Pemberian vaksin pada anak. (foto: veronica)
Pemberian vaksin pada anak. (foto: veronica)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Puskesmas Tegalangus terus berupaya maksimal menjalankan program pemberian vitamin A kepada para balita.

Pada Februari dan Agustus pihaknya memberikan suplementasi vitamin A kapsul biru dengan dosis 100.000 IU untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah dengan dosis 200.000 IU untuk anak umur 12-59 bulan.

"Kepada ibu yang masih dalam masa nifas juga kami berikan vitamin A kapsul merah," kata Kepala Puskesmas Tegalangus, dr Allan Sartana, Kamis (10/2/2022).

Dikatakannya, petugas pos gizi saat ini terus berupaya memaksimalkan program pemberian Vitamin A, walau di tengah naiknya level PPKM. 

"Dalam pelaksanaannya, kami tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker dan menjaga jarak," sambungnya.

Tercatat sebanyak 3.713 warga balita di 6 desa di Kecamatan Teluknaga yang menjadi sasaran pemberian vitamin A tersebut.

Petugas pos gizi, lanjutnya, secara bergiliran datang keenam desa sasaran yaitu Desa Tanjung Burung, Desa Tanjung Pasir, Desa Muara, Desa Lemo, Desa Tegalangus dan Desa Pangkalan.

"Kami upayakan pada bulan Februari ini pemberian vitamin A bisa selesai dan target sasaran terpenuhi," ungkapnya.

Ia menjelaskan, vitamin A juga dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan, serta mencegah anemia pada ibu nifas.

"Kekurangan vitamin A adalah meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti Infeksi saluran pernapasan atas, campak, dan diare," pungkasnya. (veronica)

ADVERTISEMENT

Editor: Yulian Saputra
Contributor: Veronica Prasetyo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT