ADVERTISEMENT

Kemandirian Industri Pertahanan

Kamis, 3 Februari 2022 07:00 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Selain kemandirian industri pertahanan memproduksi persenjataan canggih, untuk memperkuat pertahanan negara, perlu semakin memperkokoh kemanunggalan TNI – Rakyat -  Harmoko
 

Kemandirian! Itulah langkah nyata jika tak ingin selamanya negeri kita tergantung impor. Tak hanya soal pangan, teknologi, juga kemandirian industri pertahanan.

Fakta pun menyebutkan tak ada satupun negara di dunia yang memiliki kekuatan pertahanan handal, tanpa didukung oleh kemandirian industri pertahanan.

Sebut saja Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Prancis, Belanda, Jerman dan Spanyol.

Dari negara tersebutlah di antaranya, selama ini Indonesia mengimpor peralatan militer seperti tank tempur dari Jerman, fregat, korvet dan kapal selam dari Belanda, Inggris dan Jerman.

Pesawat tempur dari Amerika Serikat dan Rusia.

Pesawat latih misalnya dari dari Inggris dan Italia. Pesawat patroli maritim dari Amerika Serikat dan Spanyol.

Keragaman asal semua jenis pesawat inilah yang kemudian mendatangkan masalah, terkait dengan kompatibilitas suku cadang.

Lebih – lebih jika terjadi embargo. Dan , ini sudah pernah menimpa negeri kita.

Mewujudkan kemandirian peralatan pertahanan dengan pemasok semua jenis peralatan militer dari industri dalam negeri, tak perlu  ditunda – tunda lagi, bukan waktunya diperdebatkan lagi.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT