ADVERTISEMENT

Indonesia dan Jepang Lanjutkan Program JUTPI-3, Ini Rencana Permudahan Integrasi Transportasi Hingga 2025

Kamis, 3 Februari 2022 16:34 WIB

Share
Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Jepang dan Japan International Cooperation Agency (JICA). (ekon.go.id)
Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Jepang dan Japan International Cooperation Agency (JICA). (ekon.go.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Jepang dan Japan International Cooperation Agency (JICA) melaksanakan Program Jabodetabek Urban Transportation Policy Integration Phase 3 (JUTPI-3).

Ini merupakan salah satu strategi untuk memudahkan akses ke transportasi umum melalui integrasi berbagai moda transportasi ke dalam sistem yang menunjang pejalan kaki dan pengendara sepeda sekaligus membatasi angkutan bermotor.

Pelaksanaan program tersebut dimulai dengan penandatanganan Dokumen Record of Discussion Program JUTPI-3, Rabu (26/01/2022), yang merupakan dasar perjanjian kerja sama teknis antar kedua pihak dalam penyusunan kajian sistem transportasi Jabodetabek yang berfokus pada pengembangan kawasan berorientasi transit/Transit Oriented Development (TOD).

“Pengembangan sistem transportasi harus terintegrasi ke dalam rencana pengembangan perkotaan, dan TOD merupakan konsep pembangunan yang merumuskan struktur perkotaan berbasis simpul transportasi,” ujar Wahyu Utomo, selaku Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko.

“Dengan diterapkannya TOD, aksesibilitas dari pemukiman dan tempat kerja menuju transportasi umum akan semakin mudah, sehingga konektivitas antar moda transportasi umum pun meningkat dan sekaligus mendorong penggunaan transportasi umum di wilayah Jabodetabek,” jelasnya.

Sebagai informasi, Program JUTPI merupakan kerja sama teknis berkelanjutan dengan kegiatan berupa studi dan peningkatan kapasitas yang telah dimulai sejak JUTPI-1 pada tahun 2009-2012.

Program ini kemudian dilanjutkan dengan JUTPI-2 pada tahun 2014-2019 serta JUTPI-3 yang akan diselenggarakan pada tahun 2022 hingga 2025.

“Untuk mendukung peningkatan pelayanan transportasi umum, prosedur penetapan kebijakan terkait perlu diperjelas dan dilakukan secara komprehensif dengan mengintegrasikan berbagai masukan dari pemangku kepentingan terkait, terutama untuk menyinergikan karakteristik wilayah administrasi yang berbeda-beda di dalam Jabodetabek,” terangnya.

Implementasi Program JUTPI telah memberikan manfaat yang signifikan, tidak hanya sebagai dasar penentuan strategi kebijakan bagi Pemerintah Indonesia.

Tetapi juga bagi akademisi dalam dan luar negeri sebagai dasar penelitian terkait pengembangan transportasi Jabodetabek, serta khususnya bagi masyarakat sebagai penerima manfaat dari peningkatan layanan transportasi umum di Jabodetabek.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT