ADVERTISEMENT

Kok Bisa? Harta 10 Orang Terkaya di Dunia Naik Dua Kali Lipat Disaat Warga Miskin Bertambah

Selasa, 18 Januari 2022 12:52 WIB

Share
Bill Gates , salah satu orang terkaya di dunia. (foto: tangkapan layar Instagram/ @thisisbillgates)
Bill Gates , salah satu orang terkaya di dunia. (foto: tangkapan layar Instagram/ @thisisbillgates)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hasil Survey Lembaga Oxpam, Selama pandemi Covid-19 harta 10 orang  terkaya di dunia meningkat dua kali lipat sejak Maret 2020. Sementara jumlah warga miskin meningkat.

Oxpam juga melaporkan, pendapatan rendah  orang miskin di dunia juga membuat  21.000 orang meninggal dunia setiap harinya.

Oxfam biasanya mengeluarkan laporan mengenai ketimpangan global pada saat dimulainya pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Pertemuan tersebut biasanya dihadiri ribuan pemimpin perusahaan dan politikus, selebriti, juru kampanye, ekonom, dan wartawan yang berkumpul di resor ski Swiss itu untuk berdiskusi secara panel, pesta minuman dan bercakap-cakap di antara mereka.

Namun, dalam dua tahun terakhir, pertemuan itu (yang dijadwalkan pekan ini) akan berlangsung secara daring setelah kemunculan varian Omicron yang menggagalkan rencana pertemuan secara tatap muka, demikian dilansir BBC.com.

Forum diskusi selama sepekan itu akan meliputi kemungkinan masa depan dari pandemi, kesetaraan vaksin, dan transisi energi.

Kepala eksekutif Oxfam GB, Danny Sriskandarajah, mengatakan lembaganya sengaja mengeluarkan laporan setiap tahun yang bertepatan dengan forum pertemuan Davos untuk menarik perhatian elit politik, bisnis, dan ekonom.

"Tahun ini, apa yang terjadi, berada di luar perkiraan," katanya. "Ada miliarder baru yang muncul hampir tiap hari di saat pandemi, sementara 99% populasi manusia di dunia makin buruk karena terdampak kebijakan karantina wilayah, perdagangan internasional makin turun, pariwisata internasional makin lesu, dan sebagai hasilnya, 160 juta orang lebih terdorong ke dalam jurang kemiskinan."

"Ada yang sangat cacat dengan sistem ekonomi kita," tambahnya.

Berdasarkan daftar dari Forbes yang dikutip oleh lembaga ini, 10 orang terkaya di dunia adalah: Elon Musk, Jeff Bezos, Bernard Arnault and family, Bill Gates, Larry Ellison, Larry Page, Sergey Brin, Mark Zuckerberg, Steve Ballmer dan Warren Buffet.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT