Viral Video Makam Upin & Ipin, Pencipta Tokoh Animasi Ini Ternyata Pernah Ungkap Hal Tak Terduga

Senin, 17 Januari 2022 16:29 WIB

Share
Kolase pencipta tokoh animasi Upin-Ipin dan dua makam atas nama Upin dan Ipin. (Foto: Diolah dari Google).
Kolase pencipta tokoh animasi Upin-Ipin dan dua makam atas nama Upin dan Ipin. (Foto: Diolah dari Google).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Video yang menunjukkan dua makam atas nama Upin dan Ipin viral di media sosial. Dalam video itu, tampak kedua nama yang dipakai dalam animasi Malaysia Upin dan Ipin meninggal pada tahun 1995 dan 1996. Pencipta tokoh ini kartun ini pernah mengungkapkan hal tak terduga.

Namun demikian, beredarnya video makam Upin dan Ipin yang direkam akun TikTok @bang_alonk3110 menyisakan banyak pertanyaan. Satu hal yang belum jelas adalah mengenai lokasi makam tersebut.

Video viral seakan-akan hendak mengatakan bahwa animasi Malaisya Upin dan Ipin terinsipirasi dari kisah nyata, di mana kedua tokoh utamanya telah meninggal dunia. Di media sosial, beredar klaim bahwa makam itu terletak di Palu dan Wonogiri.

"Itu bukan dari Malaysia, itu asli dari Indonesia di Wonogiri kuburannya," komentar akun Kimy ***

Nah benar ini, Opah dan suami asli Indonesia. Mereka tinggal dan bekerja di Malaysia," timpal Ms. Lil*

Meski begitu, klaim ini belum tervalidasi dan masih menjadi pertanyaan para warganet. Hingga kini, unggahan video viral makam Upin dan Ipin itu sudah diputar lebih 36 juta kali dan memiliki 3,8 likes, serta melampaui 80-an ribu komentar.

Kabar semakin liar, banyak yang menyebut bahwa Upin dan Ipin meninggal dalam kecelakaan mobil. 

"Barusan ada yang cerita katanya meninggal karena kecelakaan liburan bersama orang tua. Kebetulan Kak Ros dan Opah enggak ikutan, jadi yang meninggal cuma Upin, Ipin, dan orang tuanya," ucap akun Pitr* Mah****

Ketimbang menelan informasi yang yang simpang siur atau kabar kibul, ada baiknya kita kembali ke belakang melihat komentar yang pernah diungkapkan pencipta tokoh animasi Upin dan Ipin.

Pencipta tokoh animasi in adalah pasangan suami-istri bernama Burhanuddin Radzi dan Ainon Ariff. Burhanuddin pernah menyatakan hal yang tak terduga. Dia mengatakan bahwa dirinya tak pernah mencicipi ilmu animasi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar