ADVERTISEMENT

Miliarder Roman Abramovich Diselidiki Status Kewarganegaraannya

Minggu, 16 Januari 2022 18:00 WIB

Share
Roman Abramovich (Sumber: Tass)
Roman Abramovich (Sumber: Tass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Miliarder Rusia pemilik klub Chelsea, Roman Abramovich, diselidiki status kewarganegaraannya oleh Pemerintah Portugal.

Roman Abramovich memperoleh kewarganegaraan Portugal pada April 2021.

Hal ini berdasarkan aturan naturalisasi bagi keturunan Yahudi Sefardik yang terusir dari semenanjung Iberia ketika Inkuisisi pada Abad Pertengahan.

Sejarah tidak banyak mencatat keberadaan keturunan Yahudi Sefardik di Rusia.

Tetapi nama Abramovich merupakan nama belakang yang identik dengan etnis Yahudi Ashkenazi.

Penyelidikan Institusi Pencatatan Sipil dan Kenotariatan (IRN), lembaga penerbit kewarganegaraan dan paspor Portugal, dilakukan menyusul gelombang kritik dari sejumlah kalangan bahwa aturan naturalisasi yang berlaku kerap disalahgunakan oligarki untuk memperluas pengaruhnya di Uni Eropa.

"Semuanya mengindikasikan bahwa di balik undang-undang yang bermaksud baik ini menghadirkan celah praktik mafia paspor," tulis pegiat antirasuah dan pendiri Transparancy International cabang Portugal, Joao Batalha, dalam akun Twitter pribadinya.

Kementerian Hukum Portugal menyatakan bahwa penyelidikan tersebut hanyalah bagian dari proses standar sebagaimana dilaporkan stasiun radio Renascenca dan dikonfirmasi Reuters.

"Ini prosedur normal yang ditempuh ketika ada situasi atau berita terkait dugaan keganjilan dalam prosedur yang berlaku," demikian pernyataan yang dikutip Reuters.

"IRN hanya ingin memastikan, tanpa ada keraguan, apakah ada praktik ganjil," tulis pernyataan yang sama.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT