ADVERTISEMENT

Survei Capres 2024: Elektabilitas Prabowo Bisa Terjun Bebas Jika Salah Pilih Wakil

Kamis, 13 Januari 2022 11:14 WIB

Share
Kolase foto tiga tokoh yang digadang-gadang jadi capres pada Pilpres 2024. Elektabilitas Prabowo disebut bisa terjun bebas jika salah pilih wakil. (Foto: diolah dari google).
Kolase foto tiga tokoh yang digadang-gadang jadi capres pada Pilpres 2024. Elektabilitas Prabowo disebut bisa terjun bebas jika salah pilih wakil. (Foto: diolah dari google).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hasil Survei nasional Center for Indonesian Reform (CIR) bekerjasama dengan Datasight Indonesia menunjukan elektabilitas PrabowoSubianto bisa terjun bebas jika salah pilih wakil atau tokoh yang disandingkan dengannya pada Pemilu 2024.

Direktur Datasight Indonesia, Radhiatmoko, mengatakan komposisi latar belakang ideologi politik pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sangat berpengaruh. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan tingkat keterpilihan (elektabilitas) calon presiden tertentu bila dipasangkan dengan calon wakil presiden dari berbagai latar belakang ideologi. 

"Partai ataupun tokoh yang ingin maju sebagai calon presiden dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang harus memperhatikan betul latar belakang ideologi politik calon pasangannya. Karena kalau salah memilih maka elektabilitasnya bisa terjun bebas,” katanya dalam acara paparan hasil survei nasional tentang Simulasi Keterpilihan Pasangan Capres dan Cawapres 2024, di Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Meski demikian, hasil survei CIR yang melibatkan 1.200 responden menunjukkan elektabilitas PrabowoSubianto sebagai calon presiden tetap lebih tinggi dibandingkan dengan elektabilitas tokoh lain seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono dan Puan Maharani.

“CIR dan Datasight Indonesia coba menanyakan kepada responden nama-nama tokoh yang layak menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. Selanjutnya dari nama-nama tersebut kami buat beberapa simulasi pasangan calon berdasarkan ideologi dan latar belakang dukungan sosial politik masing-masing tokoh. Hasil surveinya ternyata menunjukan perubahan elektabilitas yang beragam," kata Radhiatmoko.

Berdasarkan hasil survei CIR dan Datasight Indonesia pada 6 hingga 9 Januari 2022 ini diketahui dukungan responden kepada para tokoh untuk menjadi calon presiden sebesar; Prabowo (21,8%), Ganjar Pranowo (21,5%), Anies Baswedan (17,7%), Sandiaga Uno (7,2%), Ridwan Kamil (6,8%), Agus Harimurti Yudhoyono (3,3%), Puan Maharani (2,4%), Khofifah Indar Parawansa (2,4%), Eric Thohir (1,7%), Airlangga Hartarto (1,1%) dan Salim Segaf Al-Jufri (0,1%).

Sedangkan dukungan respoden bagi para tokoh untuk maju sebagai calon wakil presiden sebesar: Sandiaga Uno (19,2%), Anies Baswedan (16,1%), Ridwan Kamil (9,1%), Ganjar Pranowo (7,0%), Khofifah Indar Parawansa (6,6%), Agus Harimurti Yudhoyono (5,8%), Eric Thohir (5,3%), Puan Maharani (4,1%), Salim Segaf Al-Jufri (1,7%), Airlangga Hartarto (1,6%).

“Dari hasil survey tersebut kami buat beberapa simulasi pasangan capres dan cawapres dengan beberapa asumsi. Asumsi pertama bila pilpres diikuti 3 pasangan calon yang terdiri dari pasangan nasionalis, pasangan relijius dan pasangan nasionalis relijius," ujar Radhiatmoko.

Radhiatmoko menambahkan, pasangan tersebut disimulasikan lagi dengan memasukan beberapa nama tokoh berdasarkan kategori tersebut. Hal ini untuk mengetahui berapa jumlah rata-rata dukungan para calon presiden bila dipasangan dengan calon lain dengan berbagai latar belakang.

"Asumsi kedua bila pilpres diikuti hanya oleh dua pasangan calon yang keduanya terdiri dari pasangan nasionalis-relijius. Pada asumsi kedua ini kami buat beberapa simulasi berdasarkan beberapa nama calon dari berbagai latar belakang ideologi,” jelas Radhiatmoko.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT