ADVERTISEMENT

Tiongkok Bantah Melakukan Jebakan Utang

Minggu, 9 Januari 2022 18:30 WIB

Share
Wang Yi
Wang Yi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Tuduhan bahwa Beijing memikat negara-negara Afrika untuk masuk ke dalam perangkap utang dengan menawarkan pinjaman besar-besaran ditolak Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi.

Dia menyebut narasi itu didorong beberapa orang yang menolak pengentasan kemiskinan.

Wang Yi mengatakan pinjaman besar yang dikeluarkan oleh Tiongkok kepada Afrika saling menguntungkan ketika berbicara menjelang tur proyek infrastruktur yang didanai Beijing di Kenya.

Dia juga menyampaikan ini bukan strategi untuk mengekstraksi konsesi diplomatik dan komersial.

"Itu bukan berdasarkan suatu fakta. Itu adalah spekulasi yang dimainkan beberapa pihak dengan motif tersembunyi," kata Wang Yi kepada sejumlah wartawan di kota pelabuhan Mombasa Kenya pada Kamis (6/1/2022).

Kunjungan Wang Yi ke sejumlah negara Afrika dilakukan setelah kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Afrika pada November 2021 lalu.

Kunjungan Wang Yi antara lain ke Eritrea, Kenya, dan Komoro.

Tujuan Antony Blinken untuk melawan pengaruh Tiongkok yang berkembang di benua tersebut.

Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Afrika. Dengan nilai perdagangan langsung mencapai lebih dari $ 200 miliar pada 2019 menurut angka resmi yang dikeluarkan pemerintah Tiongkok.

Tiongkok menjadi pemberi pinjaman terbesar kedua di Kenya setelah Bank Dunia. Tiongkok juga mendanai sejumlah proyek infrastruktur mahal sehingga menimbulkan kekhawatiran bahwa Nairobi terus menumpuk utang di luar kemampuannya membayar.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT