ADVERTISEMENT

Bismillah! 419 Jemaah Umrah Indonesia Berangkat ke Tanah Suci, Dilepas Perdana  Dirjen PHU 

Sabtu, 8 Januari 2022 13:02 WIB

Share
Dirjen PHU Hilman Latif saat melepas jemaah umrah di Asrama Haji Pondok Gede. (dok Kemenag)
Dirjen PHU Hilman Latif saat melepas jemaah umrah di Asrama Haji Pondok Gede. (dok Kemenag)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latif melepas pemberangkatan perdana jemaah umrah Indonesia ke Tanah Suci.

Sebanyak 419 jemaah umrah Indonesia yang berangkat ke Arab Saudi melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022).

Pelepasan jemaah umrah ini dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, yang juga merupakan tempat karantina sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.

Dalam acara itu, hadir, Wakil Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Sulaiman, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi dan Haji Terpadu Jaja Jaelani, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin.

Hilman Latief, mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya mengungkapkan, pesan menteri agama agar mematuhi aturan di tanah air dan di Arab Saudi. 

"Jaga kepercayaan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Tunjukkan bahwa jemaah umrah Indonesia patuh pada aturan, khususnya patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Ingatlah, pandemi Covid-19 belum berakhir," ucap Hilman membacakan sambutan Gus Yaqut panggilan akrab menteri agama.

 Sesuai arahan Menag, lanjut Hilman, pihaknya tengah memfinalisasi regulasi tentang penyelenggaraan umrah di masa pandemi, termasuk yang terkait integrasi sistem dengan pemerintah Arab Saudi. Ini dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan perlindungan jemaah.

"Proses verifikasi sertifikasi vaksin, tes kesehatan, karantina dan screening kesehatan dilaksanakan secara mudah, cepat, valid, akurat, serta menjamin kepatuhan persyaratan yang telah ditentukan oleh kedua negara, Indonesia dan Arab Saudi," kata Hilman. 

Hilman juga menyampaikan terima kasih Menag kepada Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia atas dukungannya terhadap penyelenggaraan ibadah umrah kali ini. 

"Kami menitipkan jemaah umrah Indonesia untuk mendapatkan pelayanan terbaik sebagai tamu Allah, saudara sesama muslim dan pengunjung dua tanah suci," ungkap Hilman.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT