Siap-Siap! Kalangan Dewasa akan Terima Vaksin Booster Mulai 12 Januari 2022, Pemerintah Jamin Keamanannya

Rabu, 5 Januari 2022 08:30 WIB

Share
Pemberian Vaksin Booster sasar usia 18 tahun ketas (Foto: Istimewa)
Pemberian Vaksin Booster sasar usia 18 tahun ketas (Foto: Istimewa)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Awali tahun 2022, pemerintah akan berikan vaksinasi tahap selanjutnya berupa vaksin booster mulai 12 Januari 2022.

Hinga sejauh ini, tidak ditemukan Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) yang berarti terhadap peserta uji klinis vaksinasi tersebut.

“Sejauh ini telah dilakukan uji klinis pemberian booster vaksin dan ditemukan tidak ada indikasi KIPI berat pada subjek penelitian," jelas Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19,” jelas Prof. Wiku selaku Jubir Satgas Penanganan Covid-19 dilansir dari channel YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (4/1/22).

Vaksin booster akan diberikan pada masyarakat diatas 18 tahun yang berasal dari kota/kabupaten dengan cakupan vaksin dosis 1 sudah mencapai target vaksin sebesar 70% populasi dan dosis 2 sudah diberikan pada 60% populasi yang ada di daerah tersebut.

Diperkirakan rentang penyuntikan dosis kedua dan dosis ketiga (vaksin booster) berjarak 6 bulan.

Wiku mengatakan jika vaksin booster sudah sesuai dengan target WHO (World Health Organization) pada trimester 1 tahun 2022.

Kabarnya, program ini akan resmi dilaksanakan setelah mendapat rekomendasi resmi dari BPOM (Badan Pemeriksa Obat dan Makanan) dan ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Imunization) guna menjamin keamanan vaksin booster sebelum diberikan pada masyarakat.(rizanatul fitri)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar