Nilai Pungli PTSL di Desa Bojonggede Ditaksir Mencapai Rp2,4 miliar

Senin, 3 Januari 2022 10:17 WIB

Share
Panitia Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2/2022)
Panitia Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2/2022)

BOGOR POSKOTA.CO.ID -  Nilai pungutan liar (pungli) yang diraup Panitia Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor,  Jawa Barat (Jabar), ditaksir sedikitnya Rp2,4 miliar.

Angka itu diperoleh dari biaya yang dikeluarkan sebesar Rp1,5 juta per bidang tanah dengan kuota 1.600 bidang pada 2017 dan 2019.

"Itu angka kasarnya karena uang yang diserahkan warga kepada panitia minimal Rp1,5 juta dan paling banyak mencapai Rp15 juta per bidang tanah," kata Koordinator Tim Saber Pungli Bojonggede, Dodo Lantang, dalam "Takziah Pungli" di Bojonggede, Kabupaten Bogor,  Senin, (3/2/2022)

Tim Saber Pungli Bojonggede adalah kelompok nirlaba yang dibentuk warga setempat secara kolektif dan swadaya guna menyelesaikan masalah PTSL sejak empat bulan lalu.

Sedikitnya ada 59 warga yang mengadu kepada tim saber dan 21 di antaranya sudah menerima sertifikat tanah.

Dodo menilai, praktik lancung yang terjadi justru mengarah kepada pemerasan.

Alasannya, disinyalir terjadi intimidasi secara halus dengan menakut-nakuti warga agar bersedia mengeluarkan biaya yang diminta untuk berpartisipasi.

"Apakah masyarakat salah? Enggak. Mereka enggak disosialisasikan. Apalagi, masyarakat menilai harganya murah, jadi tergiur," jelasnya.

Padahal, ungkapnya, biaya yang dibebankan kepada masyarakat hanya sebesar Rp150.000 per bidang tanah.

Hal tersebut tertuang dalam surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri hingga Peraturan Bupati (Perbup) Bogor Nomor 48 Tahun 2017.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar