ADVERTISEMENT

Airlangga Hartarto Gelar Operasi Pasar, Masayarakat Bisa Beli Bahan Pangan Murah

Sabtu, 1 Januari 2022 22:19 WIB

Share
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto meninjau secara langsung operasi pasar di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor/laman Kominfo
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto meninjau secara langsung operasi pasar di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor/laman Kominfo

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Sebelum pergantian tahun 2021 lalu, beberapa bahan pangan mengalami kenaikan. Untuk itu, pemerintah berupaya mendorong langkah stabilisasi harga.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Kominfo, pada tanggal 28 Desember 2021 harga bahan pangan secara nasional mengalami kenaikan.

Tercatat harga telur ayam ras Rp. 29.500,- per kg, cabai rawit merah Rp. 96.400,- per kg dan minyak goreng kemasan rata-rata Rp. 20.350,- per liter.

Pada Rabu (29/12/21), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto meninjau secara langsung operasi pasar di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor guna mengurai dan menyelesaikan berbagai persoalan terhadap pemenuhan kebutuhan sembako melalui kebijakan maupun langkah taktis di lapangan dalam bentuk operasi pasar.

“Pemerintah terus berupaya menstabilkan harga dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sembako melalui operasi pasar terutama menjelang Tahun Baru 2022. Harapan kami, operasi pasar ini dapat membantu masyarakat untuk membeli sembako dengan harga khusus yang lebih murah,” jelas Airlangga, dikutip dari laman resmi Kominfo pada Kamis (30/12/21).

Saat melakukan operasi pasar tersebut, Menko Airlangga didampingi oleh Anggota DPR RI Dito Ganinduto Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Musdhalifah Machmud, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Mohammad Rudy Salahuddin, Bupati Bogor Ade Yasin, Perwakilan dari Kementerian Pertanian, Direktur Utama PT Berdikari (Persero) Harry Warganegara, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto, Sekretaris Perusahaan Perum BULOG Awaludin Iqbal, dan Direktur Utama Pengelola Pasar Cileungsi Haris Setiawan.

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga melakukan dialog dengan pelaku UKM Kabupaten Bogor serta mendengarkan kendala, tantangan dan kondisi sesungguhnya para pedagang di masa pandemi Covid-19.

Bank Negara Indonesia (BNI) juga hadir di kesempatan tersebut dengan menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke beberapa UKM pedagang pasar.

Terdapat salah seorang pemilik warung bernama Budi dari Bogor Timur yang sebelumnya telah medapatkan KUR dari BNI sebesar Rp. 50 juta, memberanikan diri untuk menambah KUR dari BNI mengingat omset warungnya mencapai Rp. 5 juta per hari.

Pemerintah di Pasar Cileungsi dengan dukungan dari Toko Tani Indonesia Kementerian Pertanian, Perum BULOG, PT Berdikari (Persero), dan Sinar Mas Group melakukan operasi pasar sebagai bentuk kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT