Tilang Elektronik ETLE Segera Diterapkan, Polresta Banyuwangi Pasang Kamera Pengawas di Tiga Titik Lokasi Ini

Kamis, 30 Desember 2021 21:03 WIB

Share
Polresta Banyuwangi akan terapkan tilang elektrik/humas Polri
Polresta Banyuwangi akan terapkan tilang elektrik/humas Polri

POSKOTA.CO.ID - Penerapan sistem tilang elektronik atau ETLE (electronic traffic law enforcement) oleh Satlantas Polresta Banyuwangi mulai diterapkan dengan memasang kamera pengawas di tiga titik yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Pemasangan kamera tersebut dilakukan kemarin (29/12/21) tepatnya di Simpang Tiga Sukowidi, Simpang Lima Banyuwangi, dan Jalan Raya Letjen S Parman.

Dengan adanya kamera pengawas tersebut, akan menangkap sejumlah pelanggar lalu lintas diantaranya pelanggar yang tidak mengenakan sabuk pengaman, berbonceng tiga dan tidak mengenakan helm.

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu melalui Kasatlantas Polresta Banyuwangi, Kompol Akhmad Fani Rakhim menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan sejak dini untuk menerapkan ETLE walau saat ini belum diberlakukan.

“Kita masih melakukan persiapan untuk pemberlakukan ETLE di Banyuwangi, sejumlah kamera pengawas juga sudah dipasang,” jelas Kompol Akhmad, dikutip dari laman resmi humas Polri pada Kamis, (30/12/21).

Dalam pemasangan kamera tersebut, Kasatlantas Banyuwangi bekerja sama dengan pihak Kominfo Banyuwangi.

“Ada tiga titik dengan jumlah empat kamera yang dipasang, dua kamera berada di simpang lima Banyuwangi,” katanya.

Walau penerapan kamera portable belum diterapkan, namun di Simpang Tiga Sukowidi petugas bisa melakukan ETLE menggunakan kamera handphone.

“Hanya di Simpang Tiga Sukowidi saja yang bisa merekam menggunakan Handphone yang terkoneksi dengan sistem ETLE,” imbuhnya.

Pengoperasian sistem ETLE dilakukan oleh operator pengawas yang standby untuk mengecek hasil rekaman serta mencari data pelanggar melalui nomor plat kendaraan di Samsat Banyuwangi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar