ADVERTISEMENT

Simak Nih! Efek Kekurangan dan Cara Simple Mendapatkan Vitamin D

Senin, 27 Desember 2021 11:42 WIB

Share
Ilustrasi Sinar Matahari (Foto: Stockvault)
Ilustrasi Sinar Matahari (Foto: Stockvault)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Vitamin D dengan merupakan zat yang berperan penting dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang sehat.

Kekurangan vitamin D tentu memberikan dampak buruk bagi tumbuh kembang struktur tulang dan gigi.

Diantara efek  kekurangan vitamin D, yaitu berpotensi meningkatkan risiko osteoporosis yang lebih tinggi, dan kanker tertentu, penyakit autoimun, dan gangguan mood.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian ilmuwan, di European Heart Journal, mengungkapkan penyakit kardiovaskular juga harus masuk dalam daftar efek kekurangan vitamin D. 

Penelitian tersebut menyatakan, bahwa orang dengan kadar vitamin D yang lebih rendah dari yang direkomendasikan, lebih memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk berjuang melawan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, daripada dengan mereka yang memiliki kadar vitamin D yang cukup. 

Kajian tersebut melihat data pada hampir 300.000 orang, termasuk tensi darah, pencitraan jantung, varian gen, dan kadar vitamin dalam darah.

Seperti, peserta dengan konsentrasi terendah memiliki dua kali lipat risiko penyakit jantung dibandingkan dengan jumlah yang cukup.

Walaupun kemungkinan untuk mendapatkan vitamin D dapat diperoleh dari makanan seperti ikan berlemak, telur, dan produk yang diperkaya seperti susu. 

Para peneliti menyebut sumber untuk memperoleh vitamin D lebih baik dengan mendapatkan cukup sinar matahari, daripada memilih makanan yang cenderung menjadi sumber vitamin D.

Pihak peneliti menyarankan untuk mengonsumsi suplemen harian, bagi Anda yang berada di iklim dengan sedikit sinar matahari, terutama di bulan-bulan musim dingin.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT