Gawat! Covid-19 Omicron Ternyata 5 Kali Lebih Menular, Kemenkes: Daya Tular yang Tinggi    

Senin, 20 Desember 2021 13:21 WIB

Share
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi. (foto: satgas covid-19)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Kementrian Kesehatan (Kemenkes) menyebut Covid-19 Omicron 5 kali lebih menular dari varian lainnya.

Menurut Kemenkes daya tular Covid-19 Omicron sangat tinggi, bahkan lebih menular dibanding varian Delta.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmidzi dalam keterangannya.

"Varian Omicron ini memiliki daya tular yang tinggi, yakni lima kali lebih besar dibandingkan varian Delta," ujar Siti Nadia Tarmidzi, dikutip dari PMJ News, pada  Senin (20/12/2021).

Nadia juga menjelaskan, tingginya daya tular dari varian Omicron ini membuat sejumlah negara kewalahan dan tengah berupaya untuk menekan laju penyebaran virus tersebut.

"Seperti di negara Eropa, Afrika, sampai Amerika Serikat, kasus disana sudah melonjak tajam bahkan mencapai rekor tertinggi," sambungnya.

Diketahui sebelumnya, meski varian Delta lebih lambat penularannya dengan Omicron, Indonesia sempat dibuat kewalahan dan berada di puncak penularan pada Juli 2021 lalu.

"Hingga berakibat pada tertekannya fasilitas kesehatan," jelas Nadia.

Kemudian, Nadia juga meminta agar pemerintah terus memperhatikan perbandingan kasus penularan varian Omicron dengan puncak kasus Delta di Indonesia.

Nadia berharap agar varian Omicron tidak meluas seperti penularan virus Covid-19 Delta.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler