ADVERTISEMENT

Mengenal Cedera Saraf Tulang Belakang, Penyakit yang Diderita Laura Anna Sebelum Meninggal Dunia

Jumat, 17 Desember 2021 15:15 WIB

Share
Peti jenazah Laura Anna. (foto: poskota/cr07
Peti jenazah Laura Anna. (foto: poskota/cr07

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Selebgram Laura Anna menderita cedera saraf tulang belakang atau dikenal dengan bahasa medis Spinal Cord Injury sebelum meninggal dunia karena asam lambung.

Cedera yang sudah diderita Laura Anna dalam kurun dua tahun terakhir tersebut pun membuat banyak orang penasaran. Lantas apa sebenarnya Spinal Cord Injury?

Spinal Cord Injury merupakan cedera pada tulang belakang baik langsung (kecelakaan ataupun jatuh) maupun tidak langsung (infeksi bakteri atau virus) yang dapat menyebabkan kecacatan menetap atau kematian.

Konsultan Bedah Saraf Tulang Belakang RSU Bunda Jakarta, Dr dr Wawan Mulyawan, SpBS(K) mengungkapkan jumlah kasus cedera saraf tulang belakang tak sebanyak cedera pada otak.

Dokter Wawan Mulyawan mengatakan tidak ada data global yang pasti mengenai adanya penderita cedera tersebut akibat kecelakaan.

Namun berdasarkan data nasional dan regional di dunia, tercatat 300-1300 orang diantara 1 juta penduduk menderita cedera saraf tulang belakang.

"Jika mengacu pada angka ini, walau data di Indonesia belum ada, diperkirakan ada sekitar 200.000 orang yang menderita cedera saraf tulang belakang di Indonesia," jelas Wawan Mulyawan dalam keterangan rilis yang diterima oleh Poskota, Jumat (17/12/2021).

Dalam sumsum tulang belakang terdapat jutaan saraf yang terhubung pada tubuh. Ada dua sistem utama yang beroperasi untuk menyampaikan informasi dari otak ke tubuh dan sebaliknya, melalui sumsum tulang belakang.

Jalur pertama berfungsi mengirim perintah dari otak ke tubuh untuk mengendalikan otot motorik, dan saluran otonom. 

Sementara jalur ke dua, mengirimkan informasi dari luar melalui kulit, otot, dan organ lainnya ke otak atau sensorik.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT