ADVERTISEMENT

12 Titik Trotoar Rampung Ditata Dinas Bina Marga DKI

Kamis, 16 Desember 2021 16:04 WIB

Share
Dinas Bina Marga DKI membangun trotoar. (instagram/kominfotikjakbar)
Dinas Bina Marga DKI membangun trotoar. (instagram/kominfotikjakbar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah rampung melakukan penataan 12 titik trotoar. Adapun ke 12 titik trotoar yang telah rampung ditata meliputi empat di jalan arteri dan delapan di jalan lingkungan.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan penataan dipusatkan pada kedua sisi trotoar sepanjang jalan beserta salurannya.

"Sebelumnya kita kerjakan saluran dulu, baru dilanjut trotoar. Sekarang sudah selesai 100 persen baik trotoar maupun saluran," ujar Hari saat dihubungi, Kamis (16/12/2021).

Hari menjelaskan, penataan trotoar di Kawasan Kebayoran Baru dan Jalan Duri Kosambi menggunakan konsep Complete Street yakni penataan ulang ruang jalan sesuai dengan fungsinya secara ideal dan lengkap untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan pengguna jalan.

Hari menambahkan, Complete Street dapat diterapkan di trotoar dengan lebar tiga sampai empat meter. Lain halnya trotoar di jalan lingkungan yang lebarnya berkisar 1,5 sampai 2,5 meter.

"Penataan fungsi jalan secara ideal dan lengkap itu mencakup jalur kendaraan, jalur sepeda, jalur hijau, pejalan kaki, street furniture, dan aksesoris seperti, PJU, tanaman, dan kursi," ujarnya.

"Kemudian, mencakup juga penataan jaringan utilitas seperti manhole utilitas atau ducting system. Prinsipnya, penataan yang mengakomodasi kebutuhan sesuai porsi yang tepat dengan memprioritaskan pejalan kaki, pesepeda, dan pengguna transportasi umum," jelas Hari.

Adapun daftar trotoar yang ditata Dinas Bina Marga DKI Jakarta meliputi Kawasan Kebayoran Baru yang terdiri dari Jalan Senopati, Jalan Woltermonginsidi dan Jalan Suryo.

Kemudian di Jalan Duri Kosambi, Jalan Tebet Raya lanjutan, Jalan Raden Saleh Raya dan Jalan Layur. Untuk Kawasan Sentra Primer Barat meliputi Jalan Puri Wangi dan Jalan Pesanggrahan.

Dan di Kawasan Taman Segitiga Gorontalo trotoar yang telah ditata meliputi Jalan Gorontalo Raya, Jalan Gorotalo II dan Jalan Gadang. (yono)

ADVERTISEMENT

Reporter: Cahyono
Editor: Trias Haprimita
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT