ADVERTISEMENT

Ditugaskan Jokowi Dorong Pemda Percepat Vaksinasi, di Banda Aceh Mendagri Targetkan Vaksinasi 70 Persen Akhir Desember

Selasa, 14 Desember 2021 17:29 WIB

Share
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat tinjau vaksinasi di Banda Aceh. (foto Kemendagri)
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat tinjau vaksinasi di Banda Aceh. (foto Kemendagri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menegaskan Pemerintah mentargetkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama sebesar 70 persen hingga akhir Desember 2021.

"Untuk mencapai target tersebut dibutuhkan peran Pemerintah Daerah agar mampu meningkatkan capaian vaksinasinya," ungkap Mendagri saat meninjau pelaksanaan vaksinasi meninjau vaksinasi massal di Banda Aceh Convention Hall, Kota Banda Aceh, Selasa (14/12/2021).

"Karena itulah kami berkunjung ke Aceh, tujuannya untuk itu (mempercepat vaksinasi)," ujarnya. Nantinya, lanjut Mendagri, pada awal Januari 2022 akan dilakukan evaluasi daerah mana saja yang berhasil memenuhi target vaksinasi.

Mendagri, salah satu pihak yang ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  untuk mendorong Pemda mempercepat vaksinasi. Selain Mendagri, juga ditugaskan Menteri Kesehatan, Kapolri, Panglima TNI, Kepala BIN, dan Jaksa Agung secara bersama dengan stakeholder lainnya bergerak mendorong percepatan vaksinasi.

Mendagri meminta kerja sama semua Pemda dalam meningkatkan cakupan vaksinasi. Pasalnya, vaksinasi merupakan salah satu langkah dalam menghadapi pandemi, melalui terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok.

Di samping itu, hal ini merupakan ikhtiar bersama dalam menjaga pengendalian pandemi yang kian membaik.

"Untuk bisa mencapai itu, harus semua provinsi, semua kabupaten/kota bergerak bersama-sama. Selain untuk proteksi kita, juga untuk mempertahankan prestasi yang sudah bagus,” kata Mendagri.

Dalam peninjauan itu, Mendagri terlihat beberapa kali berdialog dengan peserta dan petugas vaksinasi untuk memastikan kelayakan masyarakat mengikuti vaksinasi.

"Saya memberikan apresiasi, kita melihat pelaksanaan vaksinasi di Convention Center ini seluruhnya sudah bagus sekali. Mulai dari pendaftaran, skrining, kemudian vaksinasinya, observasi, dan kemudian masuk kedalam sistem, nanti akan ter-connect dengan (aplikasi) Pedulilindungi,” puji Mendagri.

 Sementara itu, Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, secara keseluruhan, vaksinasi di Provinsi Aceh masih berada di bawah 50%, kecuali Kota Banda Aceh yang telah melebihi target 70%.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT