ADVERTISEMENT

Di Tengah Desakan Buruh, Wahidin Halim Mendapat Kesan Manis dari Masyarakat Banten Atas Kinerjanya

Senin, 13 Desember 2021 08:12 WIB

Share
Dedi Kurnia Syah, Direktur Eksekutif IPO. (Foto/ist)
Dedi Kurnia Syah, Direktur Eksekutif IPO. (Foto/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Kepuasan masyarakat Banten atas kinerja Pemerintah Provinsi Banten tembus 63 persen, jauh lebih tinggi dibanding kepuasan publik pada pemerintah pusat yang hanya 51 persen.

Data tersebut berdasarkan survey Indonesia Political Opinion (IPO) yang mengukur persepsi publik atas kinerja Pemerintah Provinsi Banten dan konstelasi Pilkada 2024. Survei berlangsung 29 November – 2 Desember 2021.

“Tingkat kepuasan publik atas kinerja pemerintah provinsi Banten jauh lebih tinggi dibanding kepuasan pada pemerintah pusat, 63 persen berbanding 51 persen. Ini penanda hasil kerja gubernur Wahidin Halim lebih dikenal dibanding kerja Presiden,” ujar Dedi Kurnia Syah, Direktur Eksekutif IPO, Minggu (12/12).

Menurut Dedi, kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah provinsi Banten tersebut berdasarkan tiga aspek, pertama, distribusi bantuan sosial mendapat persepsi sangat memuaskan 7 persen, memuaskan 62 persen.

Kedua, terkait stabilitas harga bahan pokok selama masa pandemi sangat memuaskan 11 persen, memuaskan 53 persen.

Ketiga, terkait situasi politik dan penegakan hukum dianggap sangat memuaskan 6 persen, memuaskan 51 persen.

“Tiga bidang utama yang dipotret diketahui bidang politik dan penegakan hukum mendapat atensi kepuasan paling rendah, tetapi itupun masih di atas 50 persen. Kondisi ini bisa terjadi karena dua sebab, kondisi sosial politik di provinsi Banten yang memang stabil, atau warganya yang cenderung patuh pada ketegasan pemerintah dalam menjalankan pemerintahan,".

Sementara dalam bidang penanganan pandemi, sebanyak 69 persen responden menyatakan puas pada kinerja Pemerintah Provinsi Banten.

Statemen kepuasan itu didukung dengan tingkat kepuasan pada layanan kesehatan sebesar 61 persen, keterbukaan informasi terkait pandemi 74 persen, keberhasilan sosialisasi protokol kesehatan 49 persen, dan ketegasan implementasi kebijakan PPKM sebesar 53 persen.

Penilaian berbeda terlihat dari persepsi publik terhadap kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Banten.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT