ADVERTISEMENT

Pemkab Tangerang Siapkan Langkah Perbaiki Rumah Warga Korban Angin Puting Beliung

Sabtu, 11 Desember 2021 08:03 WIB

Share
Rumah warga yang rusak akibat bencana angin puting beliung. (Foto/ist)
Rumah warga yang rusak akibat bencana angin puting beliung. (Foto/ist)

TANGERANG,  POSKOTA.CO. ID - Pemerintah Kabupaten Tangerang  tengah mempersiapkan langkah untuk melakukan perbaikan rumah warga yang menjadi korban bencana angin kencang pada beberapa hari lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Permukiman pada Dinas Perumahan Permukiman dan Pemakaman Kabupaten Tangerang, Yusuf di Tangerang, mengatakan pemulihan tersebut akan dilakukan bagi warga yang rumahnya hancur dan tidak bisa dihuni lagi. 

"Ya, tentunya kita pemerintah tidak akan diam. Nanti akan ada upaya pemulihan rumah bagi warga yang terdampak bencana alam itu," katanya, Sabtu (11/12).

Ia menuturkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Tangerang tengah melakukan pendataan untuk menentukan berapa banyak rumah warga yang harus segera dilakukan pemulihan tersebut. 

"Saat ini kita masih proses pendataan oleh BPBD terkait berapa rumah yang harus diperbaiki, dan nantinya kita akan ajukan ke Pak Bupati Tangerang," ujarnya. 

Menurut dia, biaya untuk pemulihan atau pembangunan rumah warga korban bencana tersebut akan masuk dalam pendanaan biaya tak terduga (BTT) melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). 

"Nanti melalui pak Bupati akan mengajukan surat terkait BTT untuk pemulihan rumah. Tetapi itu pun kalau anggarannya masih tersedia karena memang ini sudah akhir tahun,".

Ia mengungkapkan, jika nantinya dalam proses pengajuan bantuan dana pemulihan rumah itu tidak dapat direkomendasikan. 

Maka pihaknya akan mengalihkannya kepada program unggulan Pemerintah Kabupaten Tangerang bernama 'Gebrak Pakumis' pada tahun 2022 mendatang. 

"Kalau memang nanti BTT ini tidak berhasil, kita tetap akan berkomitmen melakukan pemulihan melalui program Gebrak Pakumis pada tahun 2022 nanti," ungkapnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT