Astaga! Tanah Longsor Akibatkan 3 Rumah Warga di Anyer-Mancak Banten Rusak

Selasa, 7 Desember 2021 20:52 WIB

Share
Petugas BPBD Kabupaten Serang saat memeriksa rumah rusak di Kecamatan Mancak. (foto: ist)
Petugas BPBD Kabupaten Serang saat memeriksa rumah rusak di Kecamatan Mancak. (foto: ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Tiga rumah warga di Kecamatan Anyer dan Mancak, Kabupaten Serang, Banten, rusak akibat longsor yang disebabkan tidak ada Tembok Penahan Tanah (TPT), setelah diguyur hujan lebat, Selasa (7/12/2021). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma mengatakan, rumah yang mengalami kerusakan antara lain milik H Mansur (63) warga Kampung Loncatan, Desa Winong, Kecamatan Mancak. 

Rumah dihuni oleh 6 orang jiwa tersebut satu tembok bagian samping roboh dan 1 unit sepeda motor tertimpa reruntuhan.

"Kerugian kurang lebih Rp10 juta, " kata Nana kepada wartawan. 

Namun, kata Nana, tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Saat ini pemilik rumah pun masih menempati rumahnya.

"Dalam kejadian tersebut diakibatkan tidak adanya TPT sehingga longsoran menimpa rumah warga," ujarnya.

Kemudian akibat curah hujan tinggi, rumah milik Misair warga Kampung Cibanteng, Desa Winong juga rusak pada bagian dapurnya. 

Sedangkan di Kecamatan Anyer rumah yang rusak adalah milik Joni (42). Rumah warga yang berprofesi sebagai buruh tersebut pun rusak di bagian dapurnya.

"Kerugian dari kerusakan dua rumah warga tersebut kurang lebih Rp15 juta, " katanya.

Nana juga menjelaskan akibat hujan yang terjadi mulai Senin (6/12/2021) malam, ratusan rumah di Desa Ketos, Kecamatan Kibin serta Desa Kendayakan, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, terendam banjir.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar