ADVERTISEMENT

Kasat Lantas: Ganjil-genap di Jalan Margonda Terbukti Turunkan Volume Kendaraan, Soal Macet Karena Warga Masih Kaget

Senin, 6 Desember 2021 11:04 WIB

Share
Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni didampingi Kadishub Kota Depok Eko di Jalan Margonda usai memantau langsung pelaksanaan ganjil genap. (foto: Angga) 
Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni didampingi Kadishub Kota Depok Eko di Jalan Margonda usai memantau langsung pelaksanaan ganjil genap. (foto: Angga) 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Pemberlakuan sistem genap-ganjil (gage) khusus pengguna kendaraan pribadi di Jalan Margonda saat weekend, terbukti dapat menurunkan volume kendaraan.

Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan dari pendataan penjumlahan volume kendaraan sebelum diterapkan ganjil genap pada Sabtu (20/11/2021) kendaraan roda dua ada 40.629, roda empat 15.424, truk dan kendaraan barang 1.181 jumlah 55.974 kendaraan.

Sedangkan Minggu (21/11/2021) untuk kendaraan roda dua ada 33.863, kendaraan roda empat ada 15.829, dan truk serta kendaraan barang ada 1.046 dengan jumlah 55.974 kendaraan.

"Setelah diberlakukan ganjil genap pada hari wekend Sabtu dan Minggu tercatat mengulangi jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Raya Margonda yaitu untuk roda empat ada 10.957, angkutan makanan dan truk 608, dan terjadi peningkatan kendaraan roda ada di 44.409 dengan jumlah kendaraan mencapai 55.974 unit kendaraan," ujarnya kepada Poskota usai dikonfirmasi, Senin (6/12/2021) pagi.

Perwira jebolan Akpol angkatan 2004 ini menuturkan terjadi peningkatan pada kendaraan roda dua lantaran masyarakat tahu pada hari wekend mulai diberlakukan ganjil genap.

"Penerapan ganjil genap pada weekend di Jalan Margonda masih dalam tahap uji coba. Sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya dapat mengurangi pembatasan mobilitas masyarakat Kota Depok dalam masa pembatasan PPKM di masa pandemi Covid-19, " ungkapnya.

Terkait masalah terjadinya kemacetan, Kompol Jhoni mengungkapkan penyebabnya adalah warga Depok masih kaget saat kepolisian mulai memberlakukan gage.

Pada waktu penerapan gage di hari pertama kemarin kemacetan terjadi dan kendaraan yang tidak mengikuti anjuran di saat hari itu ganjil atau genap langsung petugas mengarahkan kendaraan ke dalam Kota. Sehingga ada kemungkinan para pengendara banyak yang mencari jalan tikus atau alternatif.

"Kita meminta kepada masyarakat untuk dapat membiasakan diri mulai weekend di jalur khusus seperti Margonda akan diberlakukan ganjil genap dan dapat menggunakan kendaraan angkutan umum antisipasi mengurangi kepadatan kendaraan di Sabtu dan Minggu," tuturnya.

Perwira jebolan Sespimen angkatan 60 ini  berdasarkan catatan kendaraan bermotor yang keluar di waktu penerapan ganjil genap pada Sabtu (4/12/2021) yaitu kendaraan roda dua ada 44.409, roda empat ada 10.958, dan truk ada 608 jumlah ada 55.974 unit kendaraan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT