ADVERTISEMENT

Bupati Lebak Jajal Mobil Listrik Dikenalkan oleh PLN UP3 Banten

Sabtu, 4 Desember 2021 03:19 WIB

Share
Bupati Lebak jajal mobil listrik, dikenalkan oleh PLN UP3 Banten. (Foto/yusuf)
Bupati Lebak jajal mobil listrik, dikenalkan oleh PLN UP3 Banten. (Foto/yusuf)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID -  Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banten Selatan Irwanto Wahyu Kusumo dengan jajarannya  mendatangi kantor Bupati Lebak, Rangkasbitung, Jum'at (3/12/2021).

Kedatangan Irwanto dengan jajarannya itu tidak dengan tangan kosong, namun juga dengan membawa sebuah mobil listrik berwarna biru. 

Usut punya usut, Manager muda itu ingin memperkenalkan mobil listrik merk Hyundai Kona Electic itu kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Selain itu, dirinya juga turut membawa satu unit kendaraan roda dua alias motor listrik.

Irwanto menjelaskan bahwa mobil keluaran Korea Selatan itu sendiri memiliki kapasitas baterai sekitar 39,2kWh, yang mana dengan kapasitas baterai penuh mobil listrik ini dapat menempuh jarak hingga 305 Kilometer. 

"Kami ingin perkenalkan kepada masyarakat Kabupaten Lebak yang mana pertamanya kepada Bupati Lebak tentang life style  dimasa depan. Kebetulan kita memiliki 1 unit mobil, sehingga kami ingin Bupati Lebak melakukan test drive dan juga membantu memperkenalkan tentang life style dimana depan ini kepada masyarakat," kata Irwanto saat ditemui.

Menurutnya, mobil listrik ini sendiri sangatlah ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi udara dan sangatlah murah dibandingkan harus menggunakan bahan bakar fosil seperti bensin.

"Jika kita rupiahkan maka 39 kWh itu setara dengan Rp56 ribu. Segitu bisa menempuh jarak hingga 305 Kilometer. Jika kita bandingkan dengan menggunakan bensin seperti pertalite yang mana jarak 305 Kilometer itu membutuhkan 30 liter. Yang kita rupiahkan Rp7.500 dikali 30 liter itu sekitar Rp225 ribu," katanya.

"Sehingga jika kita menggunakan mobil listrik maka kita bisa melakukan efisiensi sekitar Rp169 ribu," tambahnya.

Irwanto menyebut, bahwa mobil listrik ini sendiri tidak menggunakan oli. Sehingga tidak ada ganti oli, atau service.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT