ADVERTISEMENT

Peringati HMPI 2021, PLN Tanam Pohon Serentak di Wilayah Jakarta Raya

Senin, 29 November 2021 21:45 WIB

Share
PLN Tanam Pohon Serentak di Wilayah Jakarta Raya dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2021. (ist)  
PLN Tanam Pohon Serentak di Wilayah Jakarta Raya dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2021. (ist)  

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya melakukan penanaman pohon serentak dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2021 yang jatuh pada Minggu (28/11/2021) lalu.

Penanaman serentak dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong di beberapa titik wilayah sejak Jumat (26/11/2021). Antara lain di Balai Warga RW 09 Kelurahan Kebon Baru, Jembatan Jalatunda Bekasi, RPTRA Anggrek Cempaka Putih Jakarta Pusat, dan di kawasan Taman Wisata Alam Mangrove Jakarta Utara.

“Sejak Jumat lalu, kami telah melakukan aksi tanam bibit pohon di beberapa wilayah. Meski secara kuantitas tidak banyak, namun kami berharap langkah kecil ini bisa menunjukkan komitmen kami untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan di samping menjalankan bisnis utama kami di bidang ketenagalistrikan,” ungkap General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan saat melakukan penanaman bibit Mangrove, Senin (29/11/2021).

Lebih lanjut, Doddy mengungkapkan bahwa program penanaman pohon ini juga selaras dengan salah satu aspirasi program tansformasi PLN, yaitu Green, yang memiliki visi untuk melindungi generasi masa depan dengan menjaga lingkungan.

Di samping itu, untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar ikut menjaga lingkungan, kegiatan ini bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas karena melibatkan pegawai, anak perusahaan, yaitu Icon+ dan Haleyora Power, stakeholder PLN, komunitas dan masyarakat.

Dengan adanya keterlibatan pemerintah dan masyarakat setempat, diharapkan peran dan fungsi program penghijauan dan pemeliharaannya dapat terus berjalan sesuai harapan. Selain sebagai upaya penghijauan, kegiatan menanam bibit pohon dapat meningkatkan kelestarian lingkungan dan merupakan salah satu upaya mengantisipasi perubahan iklim global.

“Semoga saat kami kembali tahun depan atau tahun-tahun berikutnya, pohon yang kami tanam bisa tumbuh dan dapat memberikan manfaat yang baik bagi generasi-generasi penerus kita,” pungkas Doddy.

Sesuai Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2008, tanggal 28 November ditetapkan sebagai awal dimulainya penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia dan bulan Desember ditetapkan sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional.

Sejalan dengan arahan dalam Keppres tersebut, PLN UID Jakarta Raya mencanangkan program penanaman pohon serentak dengan menanam bibit tanaman produktif seperti pohon buah-buahan dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta pohon Mangrove.

 

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT