ADVERTISEMENT

Kejuaraan Pencak Silat Piala Kapolda Jatim, Ajang Pencarian Bibit Pesilat dan Kurangi Tawuran

Sabtu, 27 November 2021 08:30 WIB

Share
Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta. (foto: ist)
Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta. (foto: ist)
Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SURABAYA, POSKOTA.CO.ID - Polda Jawa Timur menggelar turnamen Pencak Silat Remaja memperebutkan Piala Kapolda Jatim di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Jumat (26/11/2021).

Turnamen yang akan berlangsung selama 4 hari tersebut diikuti 38 kontingen terdiri dari 304 pesilat dari berbagai perguruan silat.

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta yang membuka langsung turnamen tersebut menyebutkan kegiatan tersebut untuk menampung aspirasi perguruan silat yang ada di Jawa Timur sekaligus meminimalisir terjadinya konflik antar perguruan silat, dan mencari pesilat-pesilat yang berprestasi.

Polda Jatim bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur, dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) menggelar Turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim.

Dalam turnamen ini diharapkan dapat mencari bibit unggul yang dapat mewakili kontingen Jatim dalam pencak silat, dan diharapkan peserta dapat menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali silaturahmi dan menghindari konflik antarperguruan pencak silat, serta sebagai sarana olahraga untuk menjaga imunitas pada masa pandemi Covid-19.

Sebanyak 38 kontingen terdiri dari 304 pesilat dari berbagai perguruan silat, mewakili Polres Jajaran Polda Jatim mengikuti Turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim, yang digelar dari tanggal 26 hingga 29 November 2021.

Dari masing-masing Polres jajaran menghadirkan 8 kelas yang sudah melalui pertandingan seleksi tingkat kabupaten/ kota di tiap-tiap Polres, yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri.

Semua kategori tersebut memiliki batasan berat badannya masing-masing. Untuk kategori remaja putra. Kelas D mulai dari 51 kg hingga 55 kg. Kelas E mulai dari 55 kg hingga 59kg. Kelas F mulai dari 59 kg hingga 63kg. Kelas G mulai dari 63 kg hingga 67kg.

Sedangkan kategori remaja putri. Kelas C mulai dari 47kg hingga 51kg. Kelas D mulai dari 51 kg hingga 55 kg. Kelas E mulai dari 55 kg hingga 59kg. Kelas F mulai dari 59 kg hingga 63 kg.

Irjen Nico Afinta mengatakan, tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini antara lain adalah untuk mewujudkan sportivitas, jiwa ksatria dan jujur.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT