ADVERTISEMENT

PSSI Berencana Tambah 2 Asisten Wasit di Seri Keempat Liga 1

Jumat, 26 November 2021 00:03 WIB

Share
Logo PSSI. (foto: PSSI)
Logo PSSI. (foto: PSSI)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PSSI berencana untuk menugaskan asisten wasit tambahan mulai di seri keempat Liga 1 2021/2022 serta semifinal Liga 2 2021.

Hal ini dilakukan sambil menunggu penggunaan VAR (Video Assistant Referee) di kompetisi sepak bola Indonesia.

Dua tambahan asisten wasit itu nantinya akan berada di masing-masing garis gawang. Namun, sebelum melaksanakan hal ini, PSSI lebih dulu akan bersurat dan menunggu approval dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Seperti diketahui dalam dunia sepak bola, di setiap laga total ada empat perangkat pertandingan. Di antaranya ialah 1 wasit utama, 2 asisten wasit dan 1 wasit cadangan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan telah menggelar rapat yang dihadiri oleh Waketum PSSI Iwan Budianto, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Exco Ahmad Riyadh sekaligus Ketua Komite Wasit, dan Departemen wasit, ada dua hal penting yang diputuskan.

Pertama penambahan asisten wasit tambahan. Kedua PSSI juga akan mendatangkan direktur teknik wasit dari luar negeri yang direkomendasikan oleh AFC dengan tugas mengevaluasi dan merekomendasikan wasit dalam pertandingan Liga 1. 

Iriawan melanjutkan sebelum menugaskan asisten wasit tambahan, mereka akan lebih dulu dikursuskan secepat mungkin. Tujuannya agar mereka siap bertugas di seri keempat di Pulau Bali yang akan dimulai 5 Januari 2022 dan semifinal Liga 2.

"Jadi dengan asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat, bisa diminimalisasi dan dievaluasi," kata Iriawan dikutip dari situs resmi PSSI, Kamis (25/11/2021).

"PSSI ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepak bola Indonesia," tambah Iriawan. (cr04)

ADVERTISEMENT

Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT