ADVERTISEMENT

DKI Tingkatkan Kerjasama Antar Daerah, Gubernur Anies: Semoga Menjadi Pintu Masuk Ekspor

Kamis, 25 November 2021 12:51 WIB

Share
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menandatangani kerjasama dengan Kota Pekanbaru sebagai pemasok daging . (Ist)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menandatangani kerjasama dengan Kota Pekanbaru sebagai pemasok daging . (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kerjasama antardaerah kembali dilakukan Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD PD Dharma Jaya . Ditandai dengan Mou atau penandatanganan, DKI kembali menjadi pemasok daging sapi dan ayam di Kota Pekanbaru. 

“Jakarta memang sebuah provinsi, tapi sebenarnya administrasinya merupakan sebuah kota. Karena itu, ini kerja sama antarkota, Pekanbaru dan Jakarta. Lalu, kita berharap ini menjadi awalan yang nantinya kita kembangkan lebih jauh lagi,” ucap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Rabu (24/11/2021).

Dijelaskannya, bahwa selama ini BUMD dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memiliki peran yang berbeda, di mana BUMD menyediakan supply, sedangkan SKPD mengurus aspek demand

“Kami di Jakarta memiliki berbagai peran di SKPD dan BUMD. Jadi, ada sinergi antara demand dan supply. PD Dharma Jaya punya tanggung jawab urusi aspek supply, karena itu, hari ini unik. Biasanya PD Dharma Jaya bekerja sama dengan supplier pemasok ke Jakarta, kali ini PD Dharma Jaya memasok daging ke Pekanbaru,” jelas Anies.

Untuk awal kerja sama, PD Dharma Jaya akan menyediakan dan mengirimkan 500 ekor Sapi Kupang ke PT. Sarana Pangan Madani untuk Hari Raya Iduladha tahun 2022, yang diikuti dengan supply daging sapi, kerbau, dan ayam ke kawasan industri yang ada di Riau.

Hal yang dikerjakan oleh PD Dharma Jaya ini diharapkan mampu menjadi pemantik bagi Pemprov DKI, yang dalam hal ini BUMD dapat memberikan peran, khususnya pada perdagangan ke luar DKI Jakarta, sehingga akan saling melengkapi kebutuhan yang ada.

“ Harapannya, semoga jadi pintu masuk untuk kegiatan ekspor, bukan hanya DKI menjadi supplier, tetapi juga mungkin ada kebutuhan DKI yang dibutuhkan di Sumatera untuk Jakarta,” tambahnya.

Kerja sama yang dibangun oleh PD Dharma Jaya ini juga sebagai sarana untuk mengirimkan pesan bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa banyak, sehingga Pemerintah Daerah dapat berperan menghubungkan potensi tersebut dan menyambungkannya dengan daerah yang membutuhkan.

“Ini mengirimkan pesan kepada semua bahwa Indonesia punya potensi luar biasa, tetapi kadang kita di Pemerintah kurang menyambungkan potensi itu. Maka, ketika ada Pemerintah yang menyambungkan, kita bisa mengharapkan kerja samanya akan lebih optimal,” tandasnya. (deny)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT