ADVERTISEMENT

Guys, Kabar Baik! Pemkab Lebak Anggarkan Beasiswa Kedokteran Hingga Rp30 Juta Pertahun, Syaratnya Harus Begini!

Selasa, 23 November 2021 06:26 WIB

Share
Kepala Dinas Pendidikan Lebak Wawan Ruswandi (Foto/Poskota.co.id/Yusuf)
Kepala Dinas Pendidikan Lebak Wawan Ruswandi (Foto/Poskota.co.id/Yusuf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak ternyata memiliki program beasiswa khusus untuk putra Lebak yang ingin kuliah di bidang kedokteran. Bahkan, bantuannya juga tidak tanggung-tanggung yakni senilai Rp30 juta per tahun. 

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Wawan Ruswandi. Ia pun menerangkan, bahwa beasiswa itu sendiri merupakan program Pemkab Lebak yang sudah berjalan sekitar 15 tahunan yakni pada tahun 2006 lalu.

"Ya program  itu sudah ada sejak jaman Bupati Bapak Mulyadi Jayabaya lalu. Jadi nantinya kita (Pemkab Lebak,-red) akan memberikan bantuan operasional pendidikan senilai Rp30 juta untuk para mahasiswa yang kuliah di bidang kedokteran," kata Kadisdik saat dihubungi, Senin (22/11/2021).

Pihaknya pun mencatat hingga kini sekitar 30 mahasiswa kedokteran tengah 'dibiayai' oleh pemerintah Kabupaten Lebak. Ke 30 Mahasiswa itu disebut-sebut tengah berkuliah di Universitas Negeri di Indonesia.

"Alhamdulillah dari program ini sekitar ada 22 mahasiswa telah dinyatakan lulus dan bahkan sudah ada yang menjadi dokter spesialis," katanya.

Wawan mengungkapkan alasan mengapa adanya program bantuan beasiswa kedokteran ini, yakni karena pada masa kepemimpinan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya saat itu jumlah tenaga kedokteran di Kabupaten Lebak sangatlah sedikit. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, terutama dari segi finansial.

"Dulu bahkan hingga sekarang tenaga kedokteran kita sangat sedikit, padahal banyak putra daerah yang berpotensi namun terhalang oleh biaya. Makanya, dulu Bapak Mulyadi Jayabaya meluncurkan program bantuan itu, dengan harapan dapat membantu biaya para putra daerah dan melengkapi kebutuhan tenaga kedokteran di Kabupaten Lebak," ungkapnya.

Lebih jauhnya, Ia menyebut bahwa persyaratan mendapatkan bantuan beasiswa itu sendiri adalah dengan membuat permohonan secara langsung kepada Dinas Pendidikan, dengan melampirkan beberapa dokumen yang membuktikan bahwa orang itu merupakan asli Putra daerah Kabupaten Lebak.

"Pada program ini para mahasiswa akan mendapatkan bantuan pendidikan senilai Rp30 juta setiap tahun selama 5 tahun. Dengan persyaratan dia harus asli putra Lebak, dan mau untuk mengabdi di Kabupaten Lebak," pungkasnya. (Kontributor banten/Yusuf Permana)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT