ADVERTISEMENT

Tinjau Persemaian Modern Rumpin, Presiden Ingin Tunjukkan Keseriusan Indonesia Tangani Dampak Perubahan Iklim

Jumat, 19 November 2021 13:48 WIB

Share
Presiden Joko Widodo saat meninjau Persemaian Modern Rumpin bersama duta besar. (foto: biro pers)
Presiden Joko Widodo saat meninjau Persemaian Modern Rumpin bersama duta besar. (foto: biro pers)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo menegaskan kunjungan ke Persemaian Modern Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, merupakan keseriusan Pemerintah Indonesia dalam menangani dampak perubahan iklim.

Itu disampaikan Kepala Negara dalam keterangannya secara daring usai bersama para duta besar mengunjungi Persemaian Modern Rumpin di Kabupaten Bogor.

Para Dubes turut serta bersama Presiden Jokowi yakni, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins, Duta Besar Kanada untuk Indonesia Cameron MacKay, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket, dan Country Director Bank Dunia Satu Kahkonen.

Turut mendampingi Presiden,  antara lain Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Bupati Bogor Ade Yasin.

Presiden mengajak para dubes berkeliling meninjau sejumlah fasilitas, seperti area perkecambahan, area rumah produksi, area aklimatisasi, hingga area penanaman terbuka.

"Sejumlah bibit pohon yang disiapkan di sini nantinya akan ditanam di lahan-lahan kritis yang membutuhkan," terang Jokowi.

Presiden menegaskan  kita tunjukkan nursery center ini yang bisa setahun memproduksi kurang lebih 12 juta bibit.

"Tadi saya ditunjukkan mengenai bibit albasia atau sengon, kemudian bibit eucalyptus,  kemudian ada bibit jati, ada juga bibit mahoni yang semuanya kita produksi," papar Jokowi.

Presiden menambahkan diharapkan pada Januari bibit-bibit ini sudah mulai keluar untuk ditanam di tempat-tempat yang sering banjir, yang sering longsor, yang memerlukan rehabilitasi untuk lahan-lahan kritis.

Presiden juga berharap dengan membangun pusat persemaian seperti di Rumpin, bisa memperbaiki lingkungan dan menangani dampak perubahan iklim di sisi hulu. Presiden menargetkan akan membuat kurang lebih 30 pusat persemaian serupa dalam tiga tahun ke depan.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT