ADVERTISEMENT

PSI Desak Perketat Pengawasan Terkait Ambruknya Gedung SMPN 96, Ada 5 Gedung Sekolah Lainnya Masuk Daftar Rehab

Kamis, 18 November 2021 22:11 WIB

Share
Kondisi bangunan sekolah SMA Negeri 96 Jakarta yang roboh. (foto: Cr01)
Kondisi bangunan sekolah SMA Negeri 96 Jakarta yang roboh. (foto: Cr01)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ambruknya Gedung Sekolah SMAN 96 Cengkareng, Jakarta Barat terus menjadi sorotan sejumlah pihak. Tidak terkecuali, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang digawangi Giring Ganesha. 

Menurutnya, diperlukan pengawasan ketat dari Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan bahwa baik pemenang tender maupun konsultan perencana sudah melakukan perencanaan bangunan rehab secara tuntas dan aman.

Terlebih, pemenang tender telah ditunjuk untuk melaksanakan rehab pada 5 gedung sekolah lainnya.

"Sudin Gulkarmat Jakarta Barat kemarin menyampaikan dugaan bahwa robohnya gedung sekolah disebabkan oleh kesalahan konstruksi. Bila ternyata benar, ini berarti bahwa kualitas perencanaan rehab gedung sekolah belum matang," terang Ketua Fraksi PSI DPRD DKI, Idris Ahmad, Kamis (18/11/2021).

"Padahal menurut dokumen lelang, mereka akan melakukan rehab ke 5 gedung sekolah lainnya, yang kontraknya senilai Rp 115 miliar. Karena itu, saya mendorong penyebab robohnya bangun diusut secara tuntas," ujarnya kembali.

Diketahui bahwa SMA Negeri 96 tengah menjalani renovasi menyeluruh yang dilakukan oleh PT Adhi Karya sebagai pemenang tender bekerja sama dengan PT Penta Rekayasa sebagai konsultan perencana. 

Renovasi tersebut merupakan bagian dari program Rehab Total Gedung Sekolah dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Berkaca pada kasus robohnya atap SMKN 24 Bambu Apus pada Februari 2020 lalu, Idris meminta agar kontraktor berikut konsultan perencana bertanggungjawab penuh.

“Jangan sampai kasus SMKN 24 terulang kembali. Untuk itu, kami juga menghimbau kontraktor dan konsultan perencana bertanggung jawab penuh atas perencanaan dan pengerjaan rehab, karena ini menyangkut nyawa siswa didik,” kata Idris.

Idris meminta Inspektorat Provinsi DKI Jakarta untuk turun tangan menginvestigasi kasus robohnya rehab sekolah ini mulai dari proses pengadaannya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT