Mewujudkan Kota Bebas Pungli

Kamis, 18 November 2021 09:30 WIB

Share
Mewujudkan Kota Bebas Pungli. (Kartunis/Poskota.co.id/Sental-Sentil/Ucha)
Mewujudkan Kota Bebas Pungli. (Kartunis/Poskota.co.id/Sental-Sentil/Ucha)

Komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan “Jakarta sebagai kota bebas pungli”, patut diapresiasi.

Beragam aplikasi pendukung seperti Jaki, platform berbagai pelayanan, bagian dari upaya memudahkan pelayanan, sekaligus mencegah pungli,sedang kita uji.

Patut senantiasa dievaluasi, sebab apapun aplikasi tetap ada operator di belakangnya. Tatap muka di luar mekanisme sistem, bukanlah hal sulit di era sekarang ini.

Sering dikatakan secanggih – canggihnya alat, yang menggunakan manusia juga, yang lebih canggih karena memiliki akal dan budi. Di sinilah perlunya terus mengasah agar akal dan budi tetap cemerlang untuk kian memperteguh pendirian sebagai ASN Pemprov DKI yang tegas, memiliki kapabilitas, akseptabilitas dan berintegritas. Tambah lagi, moralitas.

Ini semua untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, termasuk didalamnya Jakarta bebas pungli.

Memang, perlu proses. Mencapai bebas pungli tak semudah seperti membalik telapak tangan. Tak semudah dan secepat ketika mencanangkan.

Tetapi diyakini dengan tekad dan komitmen yang kuat, kolaborasi kian mantap, ditambah dengan keteguhan hati sebagai abdi negara yang amanah, semuanya dapat terlalui.

Yang terpenting adanya “kemauan” mau baik apa buruk. Tentu yang baik dong. (Jokles)

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar