Vokasi UI Latih PKK Kelurahan Pengasinan Depok Melek Finansial, Dalam Peningkatan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Senin, 8 November 2021 11:05 WIB

Share
Karin Amelia Safitri selaku ketua program pengabdian masyarakat Vokasi UI beri pemahaman peningkatan finansial kepada ibu Kader PKK Kelurahan Pengasinan Sawangan.(angga)
Karin Amelia Safitri selaku ketua program pengabdian masyarakat Vokasi UI beri pemahaman peningkatan finansial kepada ibu Kader PKK Kelurahan Pengasinan Sawangan.(angga)

DEPOK, POSKOTA. CO. ID - Dalam rangka program pengabdian masyarakat (Pengmas) Dosen Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) Kota Depok, mengelar edukasi dan peningkatan literasi keuangan kepada warga Kelurahan Pengasinan, Kota Depok, Senin (8/11/2021).

Acara kegiatan dilakukan di SMP Puspita Pengasinan Kecamatan Sawangan Kota Depok.

Kegiatan ini merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dilakukan oleh  Karin Amelia Safitri, S.Pd., M.Si., Debrina Vita F., S.Si, M.Si, dan Nur Fadilah Dewi, MKM.

Selain itu juga kegiatan ini berkolaborasi dengan Satuan Tugas (SATGAS) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 Kodim Depok dengan menerapkan protokol kesehatan setempat.

Sementara itu menurut Karin Amelia Safitri selaku ketua program pengabdian masyarakat, mengatakan dengan tema 'Solusi Kesehatan Keuangan dan Fisik di Masa Pandemi',  memiliki target para ibu rumah tangga karena mereka memiliki peran yang besar dalam mengatur keuangan di keluarganya.

Kami juga memberikan edukasi kepada mereka bagaimana melakukan pencatatan dan mengatur pengeluaran di rumah tangga mereka masing-masing.

Peserta sebanyak 45 warga Kelurahan Pengasinan secara bersama melakukan praktik pencatatan keuangan saat kegiatan ini berlangsung.

"Selain  pengelolaan keuangan dalam rumah tangga, para ibu-ibu diminta untuk mengubah pola cara menabung yang ideal dan juga pencatatan pos-pos. Baik pemasukan maupun pengeluaran rumah tangga mereka. Mereka juga diperkenalkan dengan produk jasa keuangan, seperti asuransi, dana pensiun, dan juga pasar modal, serta bagaimana konsep dasar dari produk-produk tersebut,” ungkap Karin kepada Poskota usai acara.

Para peserta juga diberikan edukasi mengenai bahaya dan bagaimana pencegahan penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut).

Covid-19 juga merupakan salah satu penyakit ISPA yang sangat menular dan berdampak besar bagi perubahan tatanan masyarakat dalam segi kesehatan maupun finansial yang saat ini dihadapi oleh seluruh penduduk dunia.

Karin berharap pihaknya dapat membantu kelompok masyarakat, khususnya para ibu rumah tangga di Pengasinan, Kota Depok, dalam mengelola dan merencanakan keuangan rumah tangganya untuk masa depan, serta memberikan akses informasi tentang produk jasa keuangan, serta pentingnya pencegahan penyakit ISPA. 

"Sehingga ita semua mampu melalui masa pandemi yang serba sulit ini dengan baik,” tutup Karin. (angga/PKL02) 
 

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar