JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya meluncurkan layanan Diamond dan Sapphire, serta menyambut 301 pelanggan prioritas baru yang mendapatkan layanan premium PLN dengan total daya 76 Mega Volt Ampere (MVA) dalam acara Welcoming 76 MVA Priority Customer untuk memeriahkan Hari Listrik Nasional ke-76, Kamis, (4/11).
Hingga saat ini sudah ada 2.878 pelanggan prioritas di wilayah kerja PLN UID Jakarta Raya yang menikmati layanan premium dengan total daya 1.131 MVA. Layanan premium memberikan keandalan listrik dengan 2 sumber listrik yang berfungsi sebagai pasokan utama dan cadangan serta dilengkapi dengan dilengkapi Automatic Change Over (ACO). Secara otomatis listrik akan dipindahkan ke sumber cadangan apabila sumber utama mengalami gangguan.
Layanan Diamond merupakan solusi pemeliharaan aset kelistrikan milik pelanggan yang dilakukan oleh PLN Group. Inspeksi serta pemeliharaan ini dilakukan oleh anak perusahaan PLN yang mempunyai kompetensi di bidang tersebut, yaitu PT Haleyora Power.
Namun, pelanggan PLN hanya cukup menghubungi satu pintu ke PLN saja untuk mendapatkan Layanan Diamond. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merupakan pelanggan pertama untuk Layanan Diamond dari PLN.
"Layanan Diamond ini merupakan jawaban bagi pelanggan yang tidak punya teknisi atau pegawai yang berkompeten di bidang maintainance kelistrikan, serahkan saja ke PLN," ungkap Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN UID Jakarta Raya.
Sedangkan Layanan Sapphire adalah keandalan listrik ekstra tinggi tanpa kedip dilengkapi Uninterruptible Power Supply (UPS). Layanan ini bisa dinikmati oleh semua masyarakat baik yang menjadi pelanggan reguler, pelanggan prioritas dengan layanan premium, maupun non pelanggan PLN.
Layanan Sapphire pada non pelanggan PLN misalnya untuk event yang membutuhkan keandalan listrik tinggi dan penyewa gedung yang membutuhkan keandalan listrik ekstra di luar yang disediakan oleh pengelola gedung. Pelanggan pertama yang sudah mendapatkan Layaan Sapphire ini yaitu PT Angkasa Pura 1.
“Kami berharap itu nanti karena Angkasa Pura ini pengelola bandara udara sehingga nanti bisa mendukung untuk pelayanan kami di bandara mengingat kami ada server banyak terkait dengan layanan di bandar udara,” kata Rini Asriningsih, Vice President General Service and Corporate Administration PT Angkasa Pura 1.
Dalam acara tersebut, Doddy menyampaikan ucapan terima kasih karena telah mempercayakan layanan listrik premium untuk mendukung operasional sekaligus memberikan value added sehingga pelanggan lebih bisa berfokus pada kegiatan bisnisnya. “Urusan listrik serahkan saja pada kami, Bapak/Ibu fokus saja pada kegiatan bisnisnya,” tambah Doddy.
Informasi seputar produk kelistrikan, pelaporan gangguan, serta keluhan bisa diakses mlalui aplikasi PLN Mobile yang diunduh di Google Play Store dan Apple Store. (ruh)