Cara Mudah Memahami Rumus Dasar Microsoft Excel yang Cocok Banget Buat Mahasiswa

Sabtu 23 Okt 2021, 11:28 WIB
Microsoft Excel (Foto: Pinterest business.tutsplus.com)

Microsoft Excel (Foto: Pinterest business.tutsplus.com)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Salah satu skill yang wajib kamu kuasai sebagai pelajar atau mahasiswa yaitu mengoperasikan Microsoft Excel.

Microsoft Excel merupakan sebuah program serbaguna yang memudahkan dalam melakukan kompeutasi harian.

Dalam menggunakan Excel yang paling membuat kita biasanya mengalami kesulitan adalah menghafalkan sejumlah rumus–rumusnya.

Maka dari itu, simak dan catat rumus dasar Microsoft Excel yang wajib banget kalian ketahui berikuti ini:

AVERAGE

Pada excel terdapat rumus average. Fungsinya untuk mendapatkan nilai rata–rata yang dihasilkan dari kumpulan data yang dibuat.

=AVERAGE(number1, number2, dan seterusnya).

Misalnya, jika kamu akan mengisi nilai rata – rata dari kolom B2 hingga B6 maka kamu bisa menggunakan rumus =AVERAGE(B2:B6) dan diakhiri dengan enter maka nanti akan muncul hasilnya.

SUM

Rumus satu ini digunakan untuk dapat menjumlahkan setiap angka yang terdapat pada sebuah table.

Pengaplikasian rumus SUM dapat dilakukan untuk menambahkan data tiap cell, data tiap range ataupun data dalam beberapa range.

=SUM(number1, number2, dan seterusnya).

Contohnya untuk number1, number2 dan seterusnya ini merupakan range data yang akan dijumlahkan. Saat kamu akan menjumlahkan kolom B2-B8 dan C2 hingga C8 maka kamu bisa menuliskannya =SUM(B2:B8,C2:B8).

MAX

Rumus MAX digunakan untuk mencari nilai tinggi dari suatu kumpulan data.

=MAX(number1, number2, dan seterusnya).

Untuk number 1,2 dan seterusnya ini merupakan range data yang akan dicari nilai tertingginya.

Untuk mencari nilai tertinggi pada data yang dituliskan pada kolom D4 sampai D11, maka penulisannya =MAX(D4:D11) dan enter nanti hasilnya akan muncul.

MIN

Sebaliknya dari rumus MAX, rumus MIN digunakan untuk mencari nilai terendah di dalam sekumpulan data numerik.

=MIN(number1, number2, dan seterusnya).

Contohnya di dalam sheet Excel yang dibuat untuk mencari nilai terendah dari A2 hingga A6 rumusnya =MIN(A2:A6) lalu klik enter.

COUNT

Count berfungsi untuk menghitung jumlah data dalam suatu kumpulan yang dipilih.

=COUNT(number1, number2, dan seterusnya).

Untuk number1, number2 sampai seterusnya merupakan kumpulan data yang akan dihitung berapa jumlah datanya. Misalnya, dari data A2-A10 maka rumusnya =COUNT(A2:A10) dan klik enter.

Itulah tadi merupakan beberapa ulasan tentang 5 rumus dasar excel yang bisa kamu pelajari dan perlu kamu ketahui. Selamat mencoba. (cr03/Chindy Nathania)

Berita Terkait

News Update