JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Indonesia Marketing Association (IMA) kembali menggelar Musyawarah Nasional (Munas) 16 Oktober 2021 dan menetapkan Suparno Djasmin kembali dipercaya menjadi President IMA Periode 2021-2023.
IMA merupakan organisasi pemasar terdepan di Indonesia dengan misi menjadi forum komunikasi yang membangun kolaborasi aktif antar anggota dan sebagai medium lahirnya ide-ide pemasaran terkini sesuai dengan tren kebutuhan konsumen Indonesia dan pasar global.
“IMA mempunyai peran strategis dalam mendukung UMKM di masa pandemic sebagai usaha dalam pemulihan ekonomi nasional. Semoga IMA terus memberikan sumbangsihnya dalam memajukan sektor pemasaran Indonesia,” papar Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi yang ikut hadir dalam acara ini.
“Saya berharap IMA semakin berperan aktif dalam meningkatkan kualitas profesi pemasaran untuk berkontribusi dalam pemasaran ekspor khususnya UMKM Indonesia. Saya turut mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Munas IMA 2021. Semoga IMA semakin maju dan sukses,” tambah Muhammad Lutfi.
Co-Founder IMA, Hermawan Kartajaya menyampaikan apresiasi atas kinerja pengurus IMA periode 2019-2021 yang telah mencerminkan nilai-nilai IMA dengan baik yaitu semangat inovasi, enterpreunership, dan pendekatan digital yang berbasis humanity.
“Saya ingin menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas kinerja organisasi IMA selama dua tahun terakhir, di bawah pimpinan Bapak Suparno Djasmin dengan inovasi dan program yang telah diluncurkan berstandar profesionalisme yang sangat baik. Kini IMA telah resmi menjadi organisasi berbadan hukum”.
Dalam acara kali ini juga turut hadir Gubernur DKI Anies Baswedan dan menyampaikan harapanya agar IMA dapat terus memberikan manfaat yang baik dengan melahirkan inovasi dan terobosan di sektor pemasaran yang dapat diadopsi oleh sektor pemerintahan, dunia usaha, dan sektor kegiatan sosial.
Munas yang digelar secara hybrid ini dihadiri sekitar 1.000 peserta dari anggota chapter IMA di seluruh Indonesia, secara offline dan online dan kembali menetapkan Suparno Djasmin sebagai President IMA periode 2021-2023 serta Y.W. Junardy sebagai Ketua Senat IMA.
Prosesi penetapan President IMA dipimpin oleh Bapak Juan Permata Adoe, selaku Founder dan Anggota Senat IMA dan disetujui oleh 44 President Chapter IMA seluruh Indonesia.
Menurut Suparno Djasmin yang merupakan Direktur Astra sekaligus menjabat Director-In-Charge Astra Financial & Logistic mengungkapkan terimakasihnya atas kepercayaan yang diberikan untuk kembali memimpin IMA.
Ini merupakan momentum yang baik dalam meningkatkan capaian program dan inisiatif selama dua tahun terakhir dimana dalam momentum tersebut tentunya membutuhkan dukungan aktif segenap anggota dari seluruh chapter IMA yang tersebar di Indonesia.
“Sejalan dengan komitmenkita untuk memperkuat peran IMA sebagai platform untuk membangun Networking, Knowledge dan Social yang baik, kita telah melaksanakan beragam program dan inovasi digital semenjak 2019 dan telah meluncurkan IMA Mobile Apps IMA yang telah tersedia di IOS dan Android,” ungkap Suparno.
Masih dengan telah meluncurkan, selama dua tahun terakhir, kita telah membangun dan memperkuat 47 chapter IMA di seluruh Indonesia dengan lebih dari 873 anggota aktif dan 607 anggota telah memiliki sertifikasi Certified Professional Marketing (CPM).
Untuk meningkatkan tata kelola IMA sebagai organisasi yang professional kita telah meresmikan IMA sebagai organisasi berbadan hukum, didukung AD/ART organisasidan proses audit keuangan.
Sebanyak 138 aktivitas telah dilakukan di IMA level pusat dan daerah sepanjang 2019-2021.
Kegiatan ini mencakup pelaksanaan diskusi public melibatkan ahli Pemasaran, Branding & Digital Marketing hingga Menteri Perdagangan, Menteri Koperasi dan UKM, Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
“IMA pun berkomitmen untuk mendukung praktik bisnis yang berkelanjutan di Indonesia. Selama dua tahun terakhir, IMA berkolaborasi aktif dengan Indonesia Global Compact Network (IGCN), yang dipimpin Bapak Junardy, untuk mengkampanyekan prinsip - prinsip bisnis berkelanjutan sesuai dengan10 prinsip bisnis UN Global Compact (UNGC).
Tonton juga video “Buntut Aksi Banting Mahasiswa, Kapolres Kota Tangerang Siap Dicopot”. (youtube/poskota tv)
Tidak lupa di tahun2022, IMA akan mendukung penuh pelaksanaan World Marketing Forum yang rencananya akan diselenggarakan di Bali.
“Saya yakin untuk periode dua tahun kedepan dengan berbekal semangat kolaborasi dan dukungan segenap chapter IMA kita dapat meningkatkan capaian ini menjadi lebih baik lagi, khususnya bagi kemajuan sektor pemasaran Indonesia dalam berkontribusi untuk pemulihan ekonomi nasional,” tutup Suparno.