ADVERTISEMENT

Nikah Siri, Jadi Bulan-Bulanan

Kamis, 14 Oktober 2021 06:29 WIB

Share
Nikah Siri, Jadi Bulan-Bulanan. (Kartunis/Sental-Sentil/Poskota.co.id)
Nikah Siri, Jadi Bulan-Bulanan. (Kartunis/Sental-Sentil/Poskota.co.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PASANGAN suami istri, yang baru saja menikah tiba-tiba harus panik karena perut sang istri sudah buncit, menonjol alias hamil. “Kayaknya baru kemarin menikah, kok perutnya sudah besar. Hem, pasti hamil duluan sebelum nikah,” kata warga yang suka bergunjing.

“Nggak salah komentar para warga tersebut, karena yang digunjingkan itu adalah artis," kata sahabat Bang Jalil dari jarak jauh.

“Salah sendiri jadi artis. Kan harus mau digunjing oleh warga masyarakat,” kata istri Bang Jalil, “Untung ibu bukan artis, jadi aman-aman sajalah,” tambahnya.

Bang Jalil tersenyum. Belakangan memang lagi ramai, soal selebritis yang gagal kawin, gagal rumah tangga, ada yang baru cerai jadi janda, duda, dan ada yang lagi senang dan bahagia karena masih pengantin baru. Tapi sayang, pengantin baru yang seharusnya bisa bersenang-senang, berbulan madu tapi harus terganggu karena harus meluruskan kecurigaan penggemar. Bahwa mereka sebelum nikah resmi di KUA, sudah nikah siri!

“Lagian apa enaknya bulan madu kalau perut udah besar?” kata istri Bang Jalil.

“Ya, memang kenapa? Harusnya kan bersyukur, baru nikah sudah mengandung. Kan banyak pasangan yang sudah bertahun-tahun belum juga diberi momongan,” kata Bang Jalil

“Bukan soal momongan. Tapi, ini soal kecepetan, kebobolan!” sengit istri Bang Jalil.

Nikah siri yang nggak aneh di negeri ini, dan banyak yang melakukan karena berbagai hal. Misalnya, untuk menikah itu harus ada surat menyurat yang jelas, akurat, kalau ia bujangan atau perawan. Kalau ia duda atau janda juga jelas. Nikah harus ada wali, ada saksi ada emas kawin. Nikah siri sah secara agama, maka banyak juga sih suami yang kawin lagi, dengan nikah siri. Aman,deh.

Nah, buat kasus yang menyangkut selebritis di atas, jika mau nikah secara hukum agama dan negara kan mampu? Kan nggak ada penghalang, bagi kedua calon jelas asal usulnya, mempelai wanita punya wali orang tua.

Calon suami pun jelas, punya keluarga dan bukan orang nggak mampu.  Keduanya mampu. Mau apalagi? Kok, nikah siri,sih?

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT