ADVERTISEMENT

Said Aqil Siradj Lengser, Ustaz Abdul Somad jadi Ketua Umum PBNU? Cek Faktanya

Rabu, 13 Oktober 2021 20:31 WIB

Share
Ustaz Abdul Somad dikabarkan keciduk polisi terkait kasus donasi bodong? (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)
Ustaz Abdul Somad dikabarkan keciduk polisi terkait kasus donasi bodong? (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Di tengah kabar pencalonan ketua Umum PBNU yang baru, tiba-tiba ada isu jika Ustaz Abdul Somad sudah menggantikan Said Aqil Siradj.

Sontak saja kabar Ustaz Abdul Somad (UAS) itu mendadak gempar, pasalnya pemilihan ketua PBNU yang baru akan dilaksanakan bulan Desember mendatang.

Informasi tersebut beredar usai diunggah oleh kanal YouTube Asi News, dengan judul sangat tak terduga “"HEBOH..! USTAD ABDUL SOMAD (UAS) JADI KETUA PBNU GANTIKAN SAID AQIL..???",” tulis judul.

Diketahui video tersebut diunggah pada tanggal 10 Oktober 2021 lalu, dan kini sudah 10 ribu kali ditonton pengguna YouTube.

Pada thumbnail video, tampak sosok Ustaz Abdul Somad dan Said Aqil Siradj tengah bertatapan.

Tak hanya judul, narasi dalam thumbnail video juga sangat membuat geger sehingga menarik orang untuk menonontonnya.

"HEBOH..!! USTAD ABDUL SOMAD JADI KETUA PBNU GANTIKAN SAID AQIL?" tulis narasi pada thumbnail.

Lantas benarkah kabar mengenai Abdul Somad menggantikan Said Aqil sebagai ketua PBNU? menurut penelusuran Poskota.co.id berita tersebut tidak benar.

Faktanya, hingga kini tidak ada informasi resmi dan valid terkait hal Abdul Somad mengantgikan posisi Aqil Siradj.

Setelah videoya yang berdurasi 8 menit 15 detik itu disimak, tidak mengandung informasi seperti apa yang diklaim pada judul.

Jadi bisa dipastikan informasi yang disampaikan dipastikan hoaks dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebelumnya, beredar isu yang cukup mengejutkan yakni adanya Ustaz Abdul Somad (UAS) yang dikabarkan tak berkutik saat ditangkap oleh Tim Bareskrim Polri.

Selain itu, UAS dikatakan saat ini sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut bersama pihak kepolisian karena diduga bermasalah dengan kasus penistaan agama.

Ditangkapnya UAS dikabarkan sebagai aksi untuk menyusul Ustaz Yahya Waloni yangsudah terlebih dahulu ditangkap setelah orang dalam Istana memkinta untuk segera menangkap dirinya.

Selain itu juga dapat dilihat dari dalam infornasi yang tersebar itu dijelaskan bahwa Bareskrim berhasil menemukan sebuah bukti terkait kasus yang membawa nama Abdul Somad.

Sebagai informasi, kabar penangkapan UAS itu disebarluaskan pertama kali oleh kanal YouTube Pena Istana. Kanal tersebut terlihat mengunggah video berjudul "BERITA HARI INI~AKHIRNYA !! ORANG DALAM ISTANA SERUKAN TANGKAP UAS" pada Minggu (29/8/2021).

Video tersebut sontak menjadi viral, bahkan hingga artikel ini ditulis terlihat sudah ada sebanyak 100.878 kali orang yang menonton dan sudah 1.200 kali diberikan likes (disukai).

Tak lupa juga terlihat adanya thumbnail di video tersebut yang memperlihatkan sebuah foto dari Ustaz Abdul Somad yang sedang diinterogasi oleh pihak kepolisian.

"TAK BERKUTIK, DI PERIKSA POLISI, SEMUA TERBUKTI UAS TERBUNGKAM TAK BISA MENGELAK," tulis narasi yang terdapat dalam thumbnail video, dari kanal YouTube Pena Istana yang dikutip pada Selasa (31/8/2021).

Nah, sekarang yang jadi pertanyaannya adlaah apakah kabar tersebut memang benar terjadi atau hanya dibuat-buat saja?

Berdasarkan hasil penelusuran yang telah dilakukan dari berbagai sumber resmi, kabar yang mengatakan bahwa Ustaz Abdul Somad tak berkutik saat ditangkap Tim Bareskrim Polri setelah adanya orang dalam Istana mendesak untuk menangkap UAS jelas tidak benar.

Dapat dipastikan bahwa faktanya kabar tersebut tidaklah benar dan tidak ada informasi valid yang dapat mengonfirmasi kabar tersebut.

Bahkan ketika ditonton, video berdurasi 10 menit 5 detik itu sama sekali tidak menampilkan sedikitpun informasi atau narasi yang sama persis seperti yang dikatakan pada judul. (cr09)

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT