ADVERTISEMENT

Pastikan Penggunaan PAD Tepat Sasaran, BPK RI akan Periksa Pajak, Retribusi hingga Kekayaan Daerah

Rabu, 13 Oktober 2021 19:05 WIB

Share
Kegiatan entry meeting BPK RI dengan Pemkab Pandeglang secara zoom meeting. (foto: yusuf)
Kegiatan entry meeting BPK RI dengan Pemkab Pandeglang secara zoom meeting. (foto: yusuf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI melakukan entry meeting dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, secara virtual di Ruang Pintar Sekretariat Daerah, Selasa (12/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Banten Novi Irawati Herni Purnama mengatakan, tujuan enrty atau pemeriksaan kali ini adalah untuk menilai efektivitas pengelolaan PAD dalam mendorong kemandirian fiskal pada pemkab pandeglang dan instansi terakit.

 “Perlu kami sampaikan, bahwa pemeriksaan efektivitas pengelolaan PAD dalam mendorong kemandirian fiskal merupakan pemeriksaan tematik nasioanl yang dilakukan oleh BPK RI, artinya pemeriksaan ini dilakukan diseluruh Indonesia, bukan hanya di Banten atau Kabupaten Pandeglang saja, tetapi menyeluruh di Indonesia dengan sampel yang telah ditentukan," katanya.

Pemeriksaan tersebut, lanjut Novi, akan fokus pada empat hal yaitu dukungan kelembagaan, pengelolaan PAD, regulasi dan kebijakan, serta ekstentifikasi dan intensifikasi.

"Dari empat hal itu maka sebelumnya kami telah melakukan pemeriksaan pendahuluan bulan yang lalu, dari hasil pemeriksaan tersebut kami telah menemukan beberapa sasaran pemeriksaan yaitu pemeriksaan atas pajak daerah, retribusi daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan," jelasnya.

“Kami berharap dengan pemeriksaan ini akan mendapatkan suatu gambaran umum tentang bagaimana  pengelolaan PAD yang dilakukan oleh pemda dalam upaya mendorong kemandirian fiscal, dengan adanya gambaran tersebut maka diharapkan kita dapat memberikan rekomendasi yang lebih tepat kepada seluruh pemda dalam pengeloaan PAD untuk kemandirian fiscal di daerah”, tandasnya.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita pada saat yang sama mengucapkan terima kasih kepada BPK RI yang selalu bisa mengawal, membimbing serta mengarahkan jajarannya dengan memberi semangat dan memotivasi.

"Kami selalu memohon arahan dan bimbingan dari seluruh Tim BPK RI agar pengelolaan keuangan Negara ini tetap bisa on the track, dan alhamdulilah kami bisa meraih predikat WTP lima kali berturut-turut," pungkasnya. (kontributor banten/yusuf permana)

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT